Dukungan Orang Tua Pada Kemampuan Menulis Kreatif Anak

Puspita Arni Alin

Abstract


Menulis pada dasarnya merupakan suatu keterampilan  berbahasa berupa kegiatan produktif dan ekspresif yang membutuhkan kesabaran, keuletan, dan kejelian tersendiri. Kegiatan menulis pada anak  juga memerlukan dukungan yang diberikan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua pada anak yang memiliki kemampuan menulis kreatif. Penelitian ini dilakukan pada subjek yang masih  berstatus sebagai pelajar dan informan adalah orang tua subjek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan  pengamatan  atau penginderaan langsung terhadap suatu benda. Kondisi, situasi, proses atau prilaku, karena peneliti bermaksud untuk memahami, menjelaskan, dan memperoleh gambaran (deskripsi). Tentang gambaran mengenai dukungan orang tua dan  kemampuan menulis kreatif pada anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak tiga orang dengan jenis kelamin perempuan. Metode analisis data yang adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.  Hasil penelitian  menunjukan bahwa anak yang mendapatkan bentuk dukungan berupa dukungan penghargaan, dukungan emosional, dukungan instrumental, dan dukungan informasi  terpenuhi oleh anak dapat terjalin komunikasi yang baik dengan anak, dan anak menjadi lebih terbuka dalam menyampaikan kesulitan, serta anak menjadi lebih kreatif, inovatif dalam  melakukan kegiatan di bidang menulis dan kegiatan  lainnya. Berbeda dengan anak yang tidak mendapatkan dukungan dalam menulis kreatif yaitu komunikasi yang terjalin dengan anak   tidak berjalan dengan baik, dan menimbulkan konflik antara orangtua dan anak karena adanya perbedaan  pendapat.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. 1993. Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Ambari,P.K.M. 2010. Hubungan antara Keluarga. Semarang. Fakultas Dipeneggoro

Arikunto, Suharsimi. 2001. Posedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsumi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharuddin. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basuki, H. 2005. Pengembangan Kreativitas. Jakarta: Gramedia

Bronfenbrenner, Urie. 2006. The Ecology of Human Development. Boston: Allyn Bacon

Clark, C.M. 2005. Relations Between Social Support and Physical Health.

Colangelo, N. dan G.A. Davis. 1991. Handbook of Gifted Education. Boston, USA: Allyn & Bacon.

Connel., Davis., Gallant., Shharie PA. 1994. Impact of Social Support, Social Cognitive Variables and Perceived Threat on Depression Among Adult with Diabetes. Journal of Health Psychology. Volume: XXVII, Number 2 Washington DC: American Pswychology Association.

Creswell, J. W. 1994. Research Design: Qualitative and Qualitative Apprioaches. Thausand Oaks, CA: Sage

DePorter, Bobbi. 2002. Quantum Teaching. Boston: Allyn Bacon.

Devito, Joseph.1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Book.

Drost, J. 2000. Menjadi Pribadi Dewasa dan Mandiri. Yogyakarta: Kanisiu.

Feldhusen, J. 1982. Meeting the Needs of Gifted Student Through Differentiated Programming. Journal of Gifted Student Through, Vol II, Number 2, Hal: 125. New York: Batam Books

Freud, S.1963. “Introductory Lectures on Psycho-analysis, Part III General Theory of the Neurosis,” Dalam the Standard Edition Journal of the Complete Psychogical works, Vol XVI. London: Hogarth Press.

Gani, Rizanur. 1992. Kemampuan menulis Mudah dan Empat Kelompok Usia di Sumatera Barat. Padang: IKIP Padang.

Gibbons, M. 2002. The self‐directed learning handbook: Challenging adolescent studentstexcel. San Francisco, CA: Jossey‐Bass.

Gunarsa. 2007. Motivasi Orang tua. Jakarta: Rineka Cipta.

Guntur Tarigan, 1994. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hasbullah. 2001. Dukungan Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, Maimunah. 2002. Membangun Kreativitas Anak Secara Islami. Jogjakarta: Bintang Cemerlang.

Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode – Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Hurlock, EB. 2000. Perkembangan Anak. Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga

Kinoysan, Ari. 2007. Jadi Penulis Fiksi Gampang Kok. Yogyakarta: ANDI

Kharen, T., Hasymaini B., Rahayu, D. 2006. Teori dan pengembangan Kreativitas: Himpunan Bahan Kuliah. Sekolah Pascasarjana UGM. Yogyakarta.

Lee, S, & Detels, R. 2007. The effects of social support on mental and behavioral outcomers among adolescents with parents with HIV/AIDS. Journal of Public Health. United States. Vol 81. No 2

Maleong. J. L. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Meichenbaum, D. 1998. Nurturing Independent Learners. Brookline Books. Cambridge, MA.

Milles, M. B, dan Hubberman, A. M. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UIPress.

Munandar, S.C. Utami 1988. Seni Menulis Kreatif. Jakarta: Depdikbud.

Munandar, S.C. Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, S.C. Utami.2004. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nur Uhbiyat. 1991. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Poerwandari EK. 2001. Pedekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jakarta. Rineka Cipta.

Rogers, C. 1982.” Towards a Theory of Creativity.” Dalam P.E Vernon (ED), Creativity. Middlesex: Penguin Books

Safari. 1997. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Kartanegara.

Salam, A. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sarafino, E.P. & Smith, T.W. 2002. Health psychology: Biopsychosocial interactions. 7th edition. New York: Wiley.

Supriadi, Dedi. 1994, Kreatifitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta

Soewardi, Lazaruth, 1994, Kepala Sekolah Dan Tanggung Jawab, Salatiga, Kanisius.

Spandel, V & Stiggins, R J. 1990. Creating Writers, Lingking Assessment and Writing Instruction. New York & London: Longman.

Taylor, S.E.1995. health Psychology 3rd edition. Singapore: Mc Graw Hill.

Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Siswa Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardiman, D. 1993. Kebijakan dan Strategi Pendidikan dan Kebudayaan. “Telestra (Strategi Pendidikan dan Kebudayaan. Telestra (strategi Review). Jakarta: Lemhanas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id