Konformitas dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi Dengan Status Sosial Ekonomi ke Bawah

Galuh Endang Pergiwati

Abstract


Penelitian mengenai konformitas dan perilaku konsumtif pada mahasiswi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik bertujuan untuk mengetahui konformitas dan perilaku pada mahasisiwi dengan status sosial ekonomi ke bawah, bagaimana seorang mahasiswi dengan status sosial ekonomi ke bawah melakukan konformitas dan perilaku konsumtif. Konformitas adalah perubahan tingkah laku atau keyakinan sebagai hasil dari tekanan dalam kelompok yang terasa nyata ataupun dalam bayangan. Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku membeli yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan yang rasional melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf yang tidak rasional lagi. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan empat subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek dalam penelitian ini melakukan pembelian secara tidak wajar dikarenakan adanya tuntutan di dalam kelompok. Berbelanja tidak lagi didasari karena adanya kebutuhan melainkan berbelanja karena ingin selaras dengan norma-norma yang ada di dalam kelompok. Perilaku konsumtif apabila tidak dikontrol akan berdampak pada mahasiswi itu sendiri, seperti memiliki sifat boros, memunculkan sifat yang tidak produktif, berbohong, pola bekerja yang berlebihan, sampai menggunakan cara instan seperti nekat terjun ke dunia malam. Sehingga pada akhirnya perilaku konsumtif bukan saja memiliki dampak ekonomi, tapi juga dampak psikologis, sosial bahkan etika.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar.S., 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Baron, R. A & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial jilid 2 edisi kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Carmen, P. 2008. Concideration About Group Influences On Consumer Behavior. Journal of Consumer Reasearch. Craiova: Faculty of Ekonomi and Business Administration. h 1136-1139.

Creswell. J. W. 2013. Research Design Quantitative & Qualitative Approaches Third Edition. Alih bahasa: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. 2008. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamdan, H. (2013). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 68-75.

Harjanti, M. 2003, Hubungan antara Motif Berafiliasi dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis pada Remaja, Jurnal Psikologi, Yogyakarta.

Hurlock, E. B. 2003. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kurniasari, E. (2012). Pengambilan Gaya Keputusan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 60-80.

Kusuma, A. R., & Afdliah, R. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 17-30.

Lina & Rosyid, H.F. 1997. Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Jurnal Psikologika, 4, hal 24-28.

Mappiare, A. 2001. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.

Myers, David G. 2010. Social Pschology: 9th Edition. New york: McGrawHill.

Santrock, J. W. 2007. Adolenscence, Perkembangan Remaja. Alih bahasa: Adelar, S.B & Saragih, S. Jakarta: Erlangga.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Permai.

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan: Meneropong imbas pesan Iklan Televisi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyasa, Y. dan Fransisca. 2005. Perbandingan Perilaku Konsumtif berdasarkan Metode Pembayaran. Jurnal Pronesis. Desember Vol.7, No.2 172-199.

Sitorus, M., 2000 Sosiologi, Cahaya Budi, Bandung.

Sitohang, A. 2009. Hubungan Antara Konformitas Terhadap Kelompok Teman Sebaya Dengan Pembelian Impulsif Pada Remaja. Universitas Diponegoro: Semarang.

Sipunga, Puspita Nilawati. 2014. Kecenderungan Perilaku Konsumtif Remaja Di Tinjau Dari Pendapatan Orang Tua Pada Siswa-Siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. Journal of Social and Industrial Psychology 3 (1) (2014) ISSN 2252-6838.

Zebua, A.S & Nurdjayadi, R.D. 2001. Hubungan Antara Konformitas dan Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Jurnal Phronesis, Volume 3, No 6. Hal 72-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id