Stress dan Strategi Coping Pada Anak Pidana

Decky Diyan Kesuma

Abstract


Penelitian ini mengangkat judul Stress dan Strategi Coping pada Anak Pidana (Studi kasus di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Samarinda) dengan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran stress yang dialami anak pidana dan bagaimana bentuk strategi coping yang digunakan oleh anak pidana dalam mengatasi stressnya selama menjalani masa hukuman didalam lapas. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan stress yang dialami anak pidana selama berada di dalam lapas dan memberi gambaran mengenai bentuk strategi coping apa yang digunakan oleh anak pidana didalam lapas kelas IIA Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jumlah keseluruhan subjek dan informan dalam penelitian ini adalah 9 orang dengan alasan subjek penelitian yang dipilih oleh peneliti menyesuaikan keadaan atau situasi kondisi di tempat penelitian yakni, di Lapas Kelas IIA Samarinda. 5 subjek penelitian untuk di penelitian awal kemudian 4 subjek untuk penelitian lanjutan.  Kondisi pemicu (symptom) stress yang paling sering ditemui subjek penelitian ini adalah merasakan sakit kepala, mengalami kecemasan awal masuk ke dalam lapas, kegelisahan memikirkan kedua orangtua dirumah, kegagalan membahagiakan orangtua, mengalami kesedihan, depresi, dan ketidakmampuan rileks atau santai di dalam lapas. Kemudian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan emotion focused coping paling sering dipakai oleh subjek penelitian ini. Alasannya emotion focused coping lebih efektif untuk mencegah stressor selama anak pidana berada di dalam lapas dibandingkan dengan problem focused coping. Selain itu media untuk melakukan emotion focused coping banyak, tersedia, dan dilakukan hampir setiap hari.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Agoes, A, dkk. 2003. Teori dan Manajemen Stres: Kontemporer dan Islam: Malang: Taroda

Herdiansyah, Haris. 2007. “Kecemasan dan Strategi Coping Wanita danWaria pelacur “. Tesis dipublikasikan. Yogyakarta: Sekolah Pasca Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Diakses pada tanggal 24 Januari 2015 jam 00.10 WITA.

Hartati.2015. Strategi Coping pada Mahasiswa korban Broken home (studi kasus atas empat mahasiswa program studi bimbingan dan konseling islam angkatan 2011).Skripsi dipublikasikan.Banjarmasin: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Antasari. Diakses pada tanggal 27 September 2016 jam 14.00 WITA.

Itsnaini, Oktarina. 2007. “Gambaran Coping Stress Wanita Penyintas Usia Dewasa Madya Pasca-Gempa Bumi di Klaten”. Skripsi dipublikasikan. Semarang: fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Diakses pada tanggal 8 Juni 2015 jam 09.35 WITA.

Kandriati, Surati. 2008. Hubungan antara Dukungan Suami Selama Kehamilan dengan Toleransi Stress Menghadapi Persalinan pada Ibu Hamil Di RS. Graha Juanda – Bekasi. Jurnal Unpad Vol. 02, No. 01, Thn. 2008. Fakultas Psikologi. Universitas Padjajaran. Bandung. Diakses tanggal 8 Juni 2015 jam 09.50 WITA.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Safitri, Naning. 2014. “Pengaruh Rasa Syukur dan Dukungan sosial terhadap Stress pada Lanjut Usia”. Skripsi dipublikasikan. Pekanbaru: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses pada tanggal 24 Januari 2015 jam 00.30 WITA.

Solichatun, Yulia. 2011, “Stress dan Strategi Coping pada Anak Didik di Lembaga Permasyarakatan anak”. Jurnal Psikoislamika, Jurnal Psikologi Islam (JPI) Vol 8 No.1 2011 23-42. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang. Malang. Diakses pada tanggal 23 Januari 2015 jam 15.21 WITA.

Sukadiyanto, 2010. “Stress dan cara menguranginya”. Jurnal Online Cakrawala Pendidikan, Th. XXIX, No. 1. Yogyakarta. Diakses pada tanggal 8 Juni 2015 jam 09.47 WITA

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Permasyarakatan.

Wedastra, Made I., 2015. Hubungan Fungsi keluarga dan strategi koping dengan agresivitas pada gay di Denpasar. Tesis dipublikasikan. Bali:Fakultas Ilmu Biodemik Program Magister Pasca Sarjana Universitas Udaya. Diakses pada tanggal 27 September 2016 jam 11.24 WITA.

Wulandari, Putri Resti. 2012. “Hubungan Tingkat Stress dengan Gangguan Tidur pada Mahasiswa Skripsi di salah satu Fakultas Rumpun Science-Technology UI”. Skripsi dipublikasikan. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Program Sarjana Reguler Universitas Indonesia. Diakses pada tanggal 8 Juni 2015 jam 08.43 WITA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id