Pengaruh Konformitas dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Aitem Fashion

Norra Ekapaksi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisis pengaruh konformitas dan martabat perilaku pembelian kompulsif pada siswa (studi siswa di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Mulawarman). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Yang memiliki kecenderungan perilaku pembelian kompulsif, sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan purposive sampling, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, dan data dianalisis dengan model regresi dan secara bertahap diisi dengan bantuan Paket Statistik untuk program Ilmu Sosial. (SPSS) 22.0 untuk Windows. Hasil analisis pertama menunjukkan bahwa ada pengaruh konformitas terhadap perilaku pembelian kompulsif, nilai yang diperoleh beta = 0,282, t = 2,387 dan p = 0,019 (p <0,050). Hasil analisis kedua menunjukkan bahwa ada pengaruh harga diri terhadap perilaku pembelian kompulsif, nilai beta yang diperoleh = 0,223, t = 1,885, dan p = 0,007 (p <0,050). Dan hasil analisis ketiga menunjukkan bahwa ada pengaruh konformitas dan harga diri terhadap perilaku pembelian kompulsif sekitar 60%, dengan nilai yang diperoleh F = 3,078, R2 = 0,060, dan p = 0,051 (p <0,050).

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Arnolds, & Reynolds. 2003. Hedonic Shopping Motivation. Journal of Retailing. Vol. 79 Iss 2 Pgs 63-136 (2002)

Baron, A. Robert dan Byrne, Donn. 2005. Psikologi Sosial. Jilid 2. Alih Bahasa Ratna Djuwita. Jakarta: Erlangga.

Edwards, Elizabeth A. 1993. Development of New Scale for Measuring Compulsive Buying Behavior. Journal Financial Counseling and Planning, 4, 67-85.

Edwards, Elizabeth A., dan DeSarbo, Wayne S. 1996. Typologiesof Compulsive Buying Behavior: A Constrained Clusterwise Regression Approach. Journal of Consumer Psychology. 5(3). 231-262.

Ekowati, T. 2009. Compulsive Buying: Tinjauan Pemasar dan Psikolog. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. 13 (1). 55-58.

Engel, James F., Blackwell, Roger D. Miniard., Paul, W. 2008. Perilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa Aksara.

Felicia, F., Elvinawaty, R., dan Hartini, S. 2014. Kecenderungan Pembelian Kompulsif: Peran Perfeksionisme dan Gaya Hidup Hedonistik. Psikologia Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi. 9 (3). 103-112.

Fitriyani, N. Widodo, P.B. dan Fauziah, N. 2013. Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi. Universitas Diponegoro. 12(1). 55-68.

Gupta, S. 2013. A Literature of Compulsive Buying – A Marketing Perspective. Journal of Applied Busines and Economic. The Pensylvania University at Abington. 14 (1). 43-48.

Gufron, M Nur. Dan Risnawita, S. Riri. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. 2004. Methodology Research. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hidayati, N. K. 2001. Hubungan antara Harga Diri dan Kolektivitas dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Remaja. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kotler, P., & Gary, A. 2001. Prinsip-Prinsip Marketing. Jilid 1. Edisi Kedelapan. Diterjemahkan oleh Damos Sihombing, M.B.A. Jakarta: Erlangga

Kristanto, D. 2011. Pengaruh Orientasi Fashion, Money Attitude, Dan Self-Esteem Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Pada Remaja. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Surabaya.

Mowen, J. C., & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga

Pambudhi, Y. A., dan Tatik, M. 2015. Efektivitas Group Cognitive Behavior Therapy (GCBT) Dalam Menurunkan Kecemasan Menghadapi Perilaku Bullying Ditinjau Dari Harga Diri Pada Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 3 (1). 18-31.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Santrock, John, W. 2012. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Schiffman, Leon. Kanuk, Leslie Lazar. 2006. Perilaku Konsumen: edisi 7. Jakarta: Penerbit Indeks.

Sears, D. O., Shelley, E. T., dan Peplau, L. A. 2009. Psikologi Sosial. Edisi 12. Jakarta: Prenada Media Group.

Sumarlin, R. 2009. Perilaku Konformitas Pada Remaja Yang Berada di Lingkungan Peminum Alkohol. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadharma

Sunyoto, D. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS

Wathani, F. 2009. Perbedaan Kecenderungan Pembelian Kompulsif Produk Pakaian Ditinjau dari Peran Gender. Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id