Pengaruh Stres Kerja dan Persepsi Terhadap Beban Kerja Dengan Motivasi Kerja

Jesi Reza

Abstract


Tugas pokok dari Satuan Polisi Pamong Praja kota Samarinda penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. Dalam melaksanakan tugas lapangan yang berhadapan dengan target, hal tersebut akan memicu terjadinya stres kerja dikarenakan adanya persepsi terhadap beban kerja yang dialami sehingga akan mempengaruhi motivasi kerja pada aparat Satuan Polisi Praja Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara stres kerja dan persepsi terhadap beban kerja sebagai intervening dengan motivasi kerja di Satuan Polisi Pamong praja Samarinda. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi kerja, skala stres kerja dan skala persepsi terhadap beban kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Uji yang digunakan adalah uji Path atau uji jalur dengan jumlah sampel sebanyak 105 aparat Satuan Polisi Pamong Praja. Pengambilan subjek menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara tidak langsung stres kerja pada persepsi terhadap beban kerja sebesar 0,679 dengan taraf Signifikan 0,000 (Sig. < 0,000) dan adanya pengaruh secara langsung stres kerja pada motivasi kerja sebesar -0,391 dengan taraf Signifikan 0,000 (Sig. < 0,000).

Full Text:

PDF

References


Anoraga. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2005. Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J. P. 2008. Kamus Lengkap Psikologi. Alih Bahasa: Kartinni Kartono. Jakarta: Raja Grafindo.

Daft, R. L. 2006. Manajemen, Edisi 6, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Gawron, V. J. 2008. Human Performance, Workload, And Situation Awareness Measures Handbook, Second Edition. USA: CRC Press Taylor & Francis Group.

Ghozali, H. I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offiset. Hanurawan,

Fattah. 2007. Pengantar Psikologi Sosial. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, C., Tribagus. 2013. Hubungan Karakteristik Pekerjaan, Status Pekerjaan Dan Imbalan Kerja dengan Motivasi Perawat Di Ruang Kelas III RSD Balung Kabupaten Jember. The Indonesian Journal of the health Science. Volume 4, No.1.

Indy, H., Handoyono. 2013. Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Pada Karyawan Bank BTPN Madiun. Jurnal Psikkologi Industri Dan Organisasi. Volume 2, No. 2.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kusnadi. 2002. Masalah Kerja Sama, Konflik dan Kinerja. Malang: Torada.

Lu., Kao., Siu., Lu. 2010. Work stressors, Chinese coping strategies, and job performance in Greater China. International Journal of Psychology. Volume 45, No. 4, 294–302.

Mutia, Mega. 2014. Pengukuran Beban Kerja Fisiologis dan Psikologis Pada Operator Pemetkan Teh dan Operator Produksi Teh Hijau di PT Mitra Kerinci. Jurnal Optimasi Sistem Industri. Volume 13, No. 1 April :503 – 517.

Nurmianto, Eko. 2003. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Prastiwi, & Yuniasanti. 2014. Hubungan Antara Model Komunikasi Dua Arah Antara Atasan dan Bawahan dengan Motivasi Kerja Pada Bintara di Polresta Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif. Volume 2, No. 2 Desember: 9-10.

Priyatno, D. 2009. Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution) Untuk Analisis Data & Uji Statistik. Yogyakarta: Media Kom.

Robbins, S.P. 2007. Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sastrohadiwiryo, B.S. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administratif Dan Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Schultz, D., Schultz, S.E. 2006. Psychology Work Today (9 Edition). New Jersey Pearson Education, Inc.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Triana, Rahmi, & Putra. 2015. Kontribusi Persepsi Pada Beban Kerja Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Stres Kerja Guru SMP Yang Tersertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (3) (1) Januari: 5-6.

Uno, H. B. 2009. Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wickens. 2000. Engineering Psychology and Human Performance. New Jersey U.S: Prentice Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id