Hubungan Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa yang Pernah Mengikuti Remedial

Lisa Sigala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan motivasi belajar siswa yang pernah mengikuti remedial chemistry sekolah menengah ITCI Penajam Paser Utara (mahasiswa program ilmu khusus). Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel terikat yaitu motivasi belajar dan variabel bebas yaitu persepsi cara mengajar guru. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan IPA IPA IPA SMA Penajam Paset Utara utara sebanyak 100 siswa / i. Teknik analisis data uji korelasi produk moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara motivasi belajar oleh guru cara mengajar dengan persepsi nilai korelasi koefesien sebesar 0308 dan nilai p = 0,002.

Full Text:

PDF

References


Adrian. 2004. Metode Mengajar bedasarkan Tipologi Belajar Siswa. Jogjakarta: Artikel Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Aminah, A. (2015). Pengaruh Daya Juang, Manajemen Diri, dan Motivasi Berprestasi, Terhadap Kinerja Pegawai Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 85-104.

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chernis, C & Goleman, D. 2001. The Emotionally Intelligent Workplace, San Fransisco: Jossey Bass a Willey Company.

Dewi Salma & Eveline Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media bekerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri., 2006. Strategi Belajar Mengajar. Asdi Mahasatya. Jakarta.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Kasmawati, K. (2013). Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar dan Pengisian Waktu Luang Pada Siswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 87-99.

Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mukhtar dan Martinus. 2008. Metode Pembelajaran yang Berhasil. Jakarta: Nimas Muhina.

Nana Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nashar, H. 2004. Peran Motivasi & Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rangkuti, A.F., Anggraeni, F.D. 2005. Hubungan Persepi Tentang Kompetensi

Profesional Guru Matematika dengan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Psikologia.

Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Penerbit Rajawali Pers: Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Sofia, L. (2012). Hubungan Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Motivasi Berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 81-90.

Suciati. 2005. Teori Belajar dan Motivasi. Pekerti-AA Dirjen Dikti. Jakarta: Depdiknas.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasional. Yogyakarta: Bumi Aksara

Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 118-126.

Suprijono. 2012. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta Tarmidi & Hadiati. 2005. Prestasi Belajar Ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Iklim Kelas pada Siswa yang Mengikuti Program Percepatan Belajar. Jurnal Psikologia. Volume 1 No. 1 Juni 2005. Medan: Fakultas Kedokteran USU.

UNESCO. 2000. Gender Sensitive Education Statistics and Indicators: A Practical Guide: United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Cetakan ke-6. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum, Andi, Yogyakarta.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Wiyono. 2007. Hubungan Lingkungan Belajar, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Kotamadya Mojokerto. Jurnal Pendidikan Vol 15 No 1 Tahun 2007. FIP. Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id