Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Pada Siswa yang Aktif dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

Yudistiro Yudistiro

Abstract


Menurut beberapa analisis penelitian, penundaan mempengaruhi seluruh masyarakat Indonesia termasuk siswa. Prokrastinasi akademik memberikan banyak efek negatif bagi siswa seperti menunda-nunda penyelesaian tugas, menurunkan motivasi siswa untuk mengejar pendidikan tinggi dan melewatkan kelas sangat sering. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK N 20 Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah juga untuk mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dan prestasi belajar siswa di SMK N 20 Samarinda pada tahun akademik 2015/2016. Kuesioner skala Likert diujicobakan untuk 33 siswa. Kemudian diberikan kepada 50 siswa sebagai subjek penelitian. Data dianalisis menggunakan SPSS 20 for windows dengan menerapkan validitas dan reliabilitas, deskriptif, linieritas, normalitas dan uji korelasi. Perhitungan korelasi product moment pada tingkat kepercayaan 0,05 (5%) untuk 53 subjek penelitian adalah N = 53, r tabel = 0,279. Ini menunjukkan bahwa rcount lebih rendah dari rtable, Ho diterima dan Ha ditolak. Kalau tidak, jika rcount lebih tinggi dari r tabel, Ha ditolak. Hasil korelasi menunjukkan bahwa rhitung <rtabel (0,097 <0,279, 0,097> 0,05).

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Anonim. 2000. A Brief History of Procrastination (on-line). http://http-server.carleton.ca/-tpychyl/prg/research/research_history_term.html. Diakses pada tanggal 31 Januari 2016.

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S, 2006, Metodologi penelitian, Bina Aksara, Yogyakarta.

Azwar, Saifudin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Burka, J. B. dan Yuen, L. M. 2008. Procrastination: Why You Do It, What to Do About It. Camridge: Da Capo Press.

Ghozali, Imam. 2006. “Aplikasianalisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Undip

Gufron. M. N. 2003. Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik. [Online]. Tersedia: http://www.damandiri.or.id/file/mnurgufronugmbab1. pdf. [31 January 2016]

Hadi, S. 2000. Metodologi Research. Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset

Ilyas. 2008. Fungsi dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Knaus, William. Ed. D. 2002. The Procrastination Workbook. New Harbinger: Publication, Inc.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Permendiknas No 22 Tahun 2006. 2006. Pedoman Pengembangan diri. Kementrian Pendidikan Nasional.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rohinah MN. 2012. The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui

Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id