Studi Fenomenologi Seksualitas Transgender Wanita

Kartika Nur Kusuma

Abstract


Penelitian tentang studi fenomenologis wanita transgender seksualitas di samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seksualitas transgender pada wanita dengan diskriminasi dari masyarakat, bagaimana seorang wanita transgender dapat membangun interaksi dan hubungan dengan diri mereka sendiri dan lingkungan di sekitar komunitas. Seksualitas bukan hanya seks, tetapi keberadaan kita di dunia ini sebagai pribadi, pria dan wanita. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Peneliti menggunakan purposive, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dengan dua subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kedua subjek melalui dimensi seksualitas dengan cara yang berbeda. Pada subjek D dapat melewati enam dimensi seksual dengan baik, sehingga dalam menghadapi diskriminasi sosial subjek cenderung mampu mengendalikan emosi, subjek juga tidak membatasi hubungan dan interaksi sosialnya, diskriminasi adalah hal yang biasa dilakukan subjek yang diterima penolakan terhadap penampilan subjek cenderung menyukai pria. Pada subjek enam dimensi seksual kedua tidak sepenuhnya terlampaui dengan baik sehingga subjek cenderung tertutup dan membatasi interaksi sosial dan hubungan sosial mereka dengan masyarakat, subjek cukup nyaman dengan subjek hubungan dengan pasangan sehingga subjek tidak perlu orang lain berpikir cukup hanya dengan pasangannya saja.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Agustine. 2009. Edisi Khusus; Semua Tentang Lesbian (atas dukungan HIVOS Southeast Asia). Ardhanary Institute.

Alwasilah, A. Chaedar. 2002. Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya.

Beni, A. S. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Berg, Bruce L. 2007. Qualitative Research Methods for The Social Sciences. Boston: Pearson Education, Inc.

Blackwood, E. & Wieringa, Saskia, 2009. Hasrat perempuan: Relasi seksualitas sesama perempuan dan praktek perempuan transgender di Indonesia. Jakarta selatan: Ardhanary Institute.

Bungin, M. Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell. J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (3rd ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diamond, L. M. 2005. A new view of lesbian subtypes: Stable versus fluid identity trajectories over an 8-year period. Psychology of Women Quarterly, 29, 119–128.

Ferder, F. & Heagle, John, 1992. Your Sexual Self: Pathway to Authentic Intimacy. Notre Dame: Ave Maria Press.

Ferder & Heagle. 2002. Tender Fires: The Spiritual Promise of Sexuality. New York: A Crossroad Book.

Freud, Sigmund. 2014. Manisfesto Seksualitas. (Terjemahan Tim Simpang). Yogyakarta: Titah Surga.

Golombok, S. 2000. Parenting: What Really Counts. Philadelphia: Taylor & Francis.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Kuswarno, engkus. 2009. Metode Penelitian Komunikasi; Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Widya Padjadjaran.

Krolekke, Charlotte dan Anne Scott Sorensen. 2006. Gender Communication Theories and Analyses; From Silence to Performance. Thousand Oaks: Sage.

Levitt, H. M., & Ippolito, M. R. (2014). Being Transgender: The Experience of Transgender Identity Development. Journal of Homosexuality, 61, 1727-1758. DOI: 10. 1080/00918369.2014.951262.

Linggasari, Yohannie. 2015. Menyoal Cuti Haid, Diskriminasi dan Kisah Buruh Lesbian. CNN Indonesia.

Moleong. J., 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwandari, E. Kristi. 2007. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi UI.

Pontororing, Mulyadi. 2012. Kaum Lesbian di Kota Manado. Jurnal Antropologi . Di terbitkan 27 desember 2012. FISIP UNSRAT.

Rosario, M., Schrimshaw, E. W., Hunter, J., & Braun, L. 2006. Sexual Identity Development Among Lesbian, Gay and Bisexual Youth: Consistency and Change Over Time. Journal of Sex Research, 43, 46-58.

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development (Perkembnagan Masa Hidup). Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Satori & Komariah. 2014. Metode Penelitian Kualitatif; Bandung; Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. 2007. Seksualitas Kaum Berjubah. Yogyakarta: Kanisius.

Syaodih, Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tan, Poedjiati. 2005. Mengenal Perbedaan Orientasi Seksual Remaja Puteri. Surabaya: Suara Earnest.

Walker, Kenneth. 2005. The Handbook of Sex. (Terjemahan Achmad Faidi). Yogyakarta: Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id