Strategi Coping dan Subjective Well-Being Remaja Pasca Aborsi di Samarinda

Apria Wijayanti

Abstract


Masa remaja adalah masa transisi antara kanak-kanak dan dewasa dan mereka relatif belum mencapai tahap kematangan mental serta sosial sehingga harus menghadapi tekanan emosi, psikologi, dan sosial yang saling bertentangan.Remaja indonesia saat ini sedang mengalami perubahan sosial yang cepat dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern, yang juga mengubah norma-norma, nilai-nilai dan gaya hidup mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengaruh strategi coping dan subjective well-being remaja pasca aborsi di Samarinda. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenolgi. Peneliti menggunakan teknik snowball sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan ketiga subjek.Hasil penelitian Strategi coping yang dilakukan subjek pasca aborsi berfokus pada masalah yaiu dengan mendekatkan diri kepada tuhan, beriterospeksi diri dan fokus pada kuliah.Subjective well-being pada subjek pasca aborsi akan meningkatkan kualitas hidup mereka saat keinginannya tercapai serta didukung oleh lingkungan sekitar.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Andayani, 2005, Perilaku Seksual Pranikah Dan Sikap Terhadap Aborsi (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Program Psikologi Undip Semarang), Jurnal Psikologi Undip, Vol. 2, No.2, Desember 2005 (1-10)

Novi, 2010. Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pardede. 2002. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta. Salemba Medika

Sarwono, Sarlito, 2012, Psikologi Sosial, Jakarta, Balai Pustaka.

Suratno, Nur Kumala Sari. 2012. Pengambilan Keputusan Untuk Melakukan Aborsi Pada Mahasiswi. Jurnal Humaniora UIN Vol. 2 (1) 12-17. Universitas Islam Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id