Gambaran Gaya Hidup Pada Anggota Komunitas DANZ BASE di Kota Samarinda

Einsbie Grata Myn

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat gambaran gaya hidup pada anggota komunitas Danz Base yang mengarah pada pencarian kesenangan, menunjang penampilan serta menghabiskan uang yang ditinjau melalui bentuk perilaku metroseksual, hedonis dan konsumtif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan Snowball Sampling sampel sebanyak 3 orang anggota di komunitas Danz Base. dengan serangkaian kegiatan observasi dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan metode analisis Miles dan Hubermans. Hasil penelitian menununjukan bahwa terdapat gambaran yang berbeda antara ketiga subjek, yakni bergaya hidup metroseksual yang mengarah pada menunjang penampilan, dan gaya hidup hedonis yang mengarah pada pencarian kesenangan berlebih serta gaya hidup konsumtif yang mengarah pada perilaku boros dan menghamburkan uang secara berlebihan.

Full Text:

PDF

References


Abdin, J. M. (2016). Diskursus Superhero Film Kamen Rider yang Membentuk Cosplayer. Thesis. Universitas Sebelas Maret http://eprints.uns.ac.id/24957/ Hal 4-5.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Chaney, D. (2006). Life Styles Sebuah Pengantar Komprehensif (terjemahan). Yogyakarta: Jalasutra.

Handoko, C. T. (2004). Metroseksualitas dalam iklan sebagai wacana gaya hidup Posmodern. Nirmana, 6(2).

Hurlock, E. B. (2007). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Amstrong. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice-Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.

Minor, M. & Mowen, J. C. (2005). Consumer Behavior, atau Perilaku Konsumen, terj. Lina Salim. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, A. (2015). Gaya Hidup Metroseksual Perspektif Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif.

Mosak, H. H. (2005). Adlerian Psychotherapy Lifestyle. In R.J. Corsini & D. Wedding (Eds.), Current psychotherapies. (5th ed.).

Novitasani, L. (2014). Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa Urban di UNESA. Paradigma, 2(3).

Plummer, R. (1983). Life Span Development Psychology: Personality and Socialization. New York: Academic Press.

Rahardjo, W., & Yuliani Silalahi, B. (2012). Perilaku konsumtif pada pria metroseksual serta pendekatan dan strategi yang digunakan untuk mempengaruhinya.

Shukla, P., Shukla, E., & Sharma, S. (2009). Conspicuous consumption in cross-national context: psychological and brand antecedents. ACR Asia-Pacific Advances.

Soedjatmiko, H. (2007). Saya berbelanja maka saya ada: ketika konsumsi dan desain menjadi gaya hidup konsumeris. Jalasutra.

Subandy I. (2005). Ecstasy Gaya Hidup. Jakarta: PT Grasindo

Sujanto Agus. (2006). Psikologi Kepribadian Cetakan Kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku konsumen.

Suyanto, B. (2014). Sosiologi ekonomi: Kapitalisme dan konsumsi di era masyarakat post-modernisme. Prenada Media.

Wade, C., dan Tavris, C. (2008). Psychology, 9th edition, bahasa indonesia language edition. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Widjaja B. T. (2009). Life Style Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id