Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pegawai

Cristover Januarius Rambulangi

Abstract


Hubungan Beban Kerja dengan Kelelahan karyawan Badan Pertanahan Nasional Tingkat II Samarinda. Di bawah bimbingan miss Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S dan Miss Rina Rifayanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja dan beban kerja karyawan Badan Pertanahan Nasional Tingkat II Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, kelelahan sebagai variabel dependen dan beban kerja sebagai variabel independen. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kelelahan ordinal dan skala beban kerja. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 karyawan Badan Pertanahan Nasional Samarinda tingkat II yang menggunakan metode total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara kelelahan terhadap beban kerja dengan nilai korelasi = 0,361 dan p = 0,033. Hasil penelitian ini menunjukkan “H1” dapat diterima dan terdapat korelasi yang lemah menyebabkan nilai r = 0,361 berada pada kisaran nilai sebesar 0,22 - 0,399 yang berarti tingkat hubungan yang lemah.

Full Text:

PDF

References


Herrianto, R. (2010). Kesehatan Kerja. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Hotmatua, R. (2009). Hubungan Faktor Individu dan Postur tubuh dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Bongkar Muat PT Kirana Sapta Angkola Timur Tapanuli Selatan. Skripsi. Sumatera Utara: Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Matthews, G., Davies, D. R., Westerman, J., & Stammer, R. B. (2000). Psychology Press.

Nurmianto, E. (2003). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya Edisi Pertama. Guna Widya, Surabaya.

Robbins. P.S. (2002). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. 5th. Jakarta: Erlangga

Setyawati, L. (2010). Selintas tentang kelelahan kerja. Yogyakarta: Amara Books, 28-33.

Silastuti, A. (2006). Hubungan Antara Kelelahan dengan Produktivitas Tenaga Kerja di bagian Penjahitan PT Bengawan Solo Garment Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Suma'mur, P. K. (2009). Higiene perusahaan dan kesehatan kerja (HIPERKES).

Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS. Sulastuti, A. 2004. Hubungan Antara Kelelahan Dengan Produktivitas Kerja di Bagian Penjahitan PT. Bengawan Solo Garment Indonesia. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNS.

Tarwaka, B. S., & Sudiajeng, L. (2004). Ergonomics for Safety. Occupational Health and Productivity [Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas] (Surakarta: UNIBA PRESS), 95.

Tarwaka, P., & Bakri, L. S. (2010). Ergonomi Industri Dasar-dasar pengetahuan ergonomi dan aplikasi di tempat kerja.

Zuhriyah, F. (2007). Hubungan Antara Kesesakan Dengan Kelelahan Akibat Kerja Pada Karyawan Bagian Penjahitan Perusahaan Konveksi Pt Mondrian Klaten Jawa Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id