Pengaruh Kinerja Dosen Pada Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar

Petrus Nyavon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja dosen dan motivasi belajar mahasiswa pada Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel: variabel dependen motivasi belajar dan variabel independen kinerja dosen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel purposive sampling dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Sosiologi Mulawarman Samarinda angkatan 2013, sebanyak 57 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment. Hasil korelasi Kendall tau-b antara motivasi belajar dan kinerja dosen telah menunjukkan nilai korelasi = -0030 kedua variabel memiliki korelasi negatif yang sangat rendah. Sedangkan nilai p = 0755 > 0,05 menunjukkan kedua variabel tersebut tidak signifikan.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates

Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Engko, C. (2006). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Individual. Makalah pada Simposium Akuntansi pada 23-26 Agustus.

Gaspersz, V. (2005). Total Quality Management, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. H-310.

Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Bandung: PT. Remaja Rsodakarya.

Mangkuprawira, S., & Hubeis, A. V. (2007). Manajemen mutu sumber daya manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Margiati, L. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Karakteristik Individu, Self-Leadership, Komitmen Pada Profesi, Iklim Organisasi terhadap Kinerja dan Karier Dosen pada Perguruan Tinggi Swasta Koperti Wilayah VII Jawa Timur. Ringkasan Disertasi Pascasarjana. Universitas, 17.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2006). Human resource management: Manajemen sumber daya manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

PRASETYO, P. R. (2014). Peran Humas Pemkab Boyolali Dalam Mengatasi Krisis Komunikasi (Studi Kasus Humas Pemkab Boyolali dalam Mengatasi Krisis Komunikasi Antara Pemkab Boyolali dengan Masyarakat tentang Limbah IPAL di Dukuh Jajaran Desa Karangduren Kec. Sawit Kab. Boyolali) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Sardiman, A. M. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, cet. 16, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sofia, L. (2012). Hubungan Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Motivasi Berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 81-90.

Sondang, P. S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistiyani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 118-126.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya, analisis di bidang Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.3998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id