Pengaruh Kontrol Diri Pada Endorse dan Persepsi Harga Dengan Pengambilan Keputusan Membeli Produk Melalui Media Sosial Instagram

Melia Ika Patanduk

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri pada endorse dan persepsi harga dengan pengambilan keputusan membeli produk melalui media sosial Instagram. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel dengan variabel terikat yaitu pengambilan keputusan dan variabel bebas yaitu kontrol diri pada endorse dan persepsi harga. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2013 - 2014 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 100 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh sangat signifikan antara pengambilan keputusan dan kontrol diri pada endorse dengan nilai Fhitung = 219.101 > nilai F tabel 3.09, nilai beta = 0.831, t hitung = 14.802 > t tabel 1.98, R Square = 0.691 dan p = 0.000. Dan terdapat pengaruh sangat signifikan antara pengambilan keputusan dan persepsi harga dengan nilai F hitung = 148.822 > nilai F tabel 3.09, nilai beta = 0.777, t hitung = 12.199 > t tabel 1.98, R Square = 0.726 dan p = 0.000. Serta terdapat Pengaruh yang sangat signifikan anatara kontrol diri dan persepsi harga dengan nilai F hitung = 259.120 > nilai F tabel 3.09, nilai beta = 0.852, t hitung = 16.097 > t tabel 1.98, R Square = 0.726 dan p = 0.000.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Azwar, S. (2004). Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar.

Cockrill, A., & Goode, M. M. (2010). Perceived price fairness and price decay in the DVD market. Journal of Product & Brand Management.

Dermawan, R. (2009). Model Kuantitatif Pengambilan Keputusan dan Perencanaan Strategis. Alfabeta. Bandung.

Ghuffron, N & Risnawita, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Goleman, D. (2005). Kecerdasan emosional (penerjemah: Hermaya T.). Jakarta, ID: Gramedia Pustaka Utama.

Hamdan, H. (2013). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 68-75.

KompasTekno. (2015). Apnic Lihat Indonesia Memiliki Potensi Besar Pertumbuhan Internet. Http://www.techno.id/startup/apnic-lihat-indonesia-miliki- potensi-besar-pertumbuhan-internet-1509084.html. (Diaskes pada tanggal 27 Januari 2016).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran jilid 1 edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kuntadi. (2004). Metode Pengambilan Keputusan Pada Organisasi. Bandung: Universitas Padjajaran.

Kurniasari, E. (2012). Pengambilan Gaya Keputusan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 60-80.

Kusuma, A. R., & Afdliah, R. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 17-30.

Lichtenstein, D. R., Ridgway, N. M., & Netemeyer, R. G. (1993). Price perceptions and consumer shopping behavior: a field study. Journal of marketing research, 30(2), 234-245.

Mastercard. (2012). Meningkatnya pertumbuhan Belanja Online di Pasar Negara Berkembang. Http://www.popsurvey.net. (yang di askes pada 27/1/2016).

Nagle, T. T., & Hogan, J. E. (2006). The Strategy and Tactics of Pricing: A Guide to Growing More Profitably 4th.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer behavior: Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Terry, G. R. (2006). Prinsip-prinsip Manajemen, terj. Jakarta: Bumi Aksara.

Rangkuti, F. (2004). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sarafino, E. P. (2011). Applied Behavior Analysis: Principles and Procedures in Behavior Modification: Principles and Procedures in Behavior Modification. Wiley Global Education.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.

Setiadi, N. J., & Konsumen, P. (2003). Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Simon, A. H. (2004). Administrative Behavior, Perilaku Administrasi: Suatu Studi tentang Proses Pengambilan Keputusan dalam Organisasi Administrasi, Edisi 3, Cetakan ke 4, Alih Bahasa ST. Dianjung. Jakarta: Bumi Aksara,

Sugiyono, P. D. (2008). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.

Tekno, kompas. (2015). Instagram Diserbu 400 Juta Pengguna Termaksu Indonesia. Http://tekno.kompas.com/read/2015/09/24/09160067/Instagram.Diserbu.4 00.Juta.Pengguna.Termasuk.Indonesia.html. (Diaskes pada tanggal 27 Januari 2016).

Yoestini & Eva, S. R. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian” (Studi Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 6 (3): 261-276.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.3997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id