Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Menyontek

Lisa Princess Miranda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan minat belajar perilaku menyontek di kelas X SMA Negeri 3 Bontang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 78 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala konformitas teman sebaya, pembelajaran dan perilaku curang dengan model skala likert. Data dianalisis dengan model regresi dan model secara bertahap diisi dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada antara kesesuaian dan pengaruh teman sebaya dan minat belajar perilaku menyontek kelas X SMAN 3 Bontang dengan F hitung> F tabel = 12,785> 3,0718, p = 0,000 (p <0,05) dan R2 = 0,369 , Hasil analisis regresi bertahap menunjukkan bahwa ada pengaruh antara konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek kelas X SMAN 3 Bontang dalam beta = 0,176, t = 1,112 (t <t tabel = 1,990) dan p = 0,000 (p <0,05) . Uji regresi bertahap pada pembelajaran dan perilaku kecurangan menunjukkan bahwa efek positif dengan beta = 0,107, t = 0,673 (t <t tabel = 1,990) dan p = 0,000 (p <0,05). model regresi penuh menghasilkan nilai R = 0,563, F hitung = 12,785 (F hitung> F tabel = 3,0718) R2 = 0,369 dan p = 0,000 (p <0,05)

Full Text:

PDF

References


Abu A & Widodo S. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abd. Rachman Abror. 2003. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Abramovitz, M. 2000. Why Cheating is Wrong. Journal Current Health.

Agus S. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azwar, S. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron & Byrne, D. 2004. Psikologi Sosial. Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Davis, 2012. "Academic dishonesty: Prevalence, Determinants, Techniques and Punishmenta". Teaching of Psychology, 19 (1), 16-20

Hensleya, L.C., Kirkpatricka, k.m., & Burgoonb, J.M. 2013. Relation of Gender, Course Enrollment, and Grases to Distinct Forms of Academic Dishonesty. Teaching in Higher Education: 1-13.

Hadi, S. 2004. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi.

Haryono, W., Hardjanta, G., dan Eriyani, P. 2001. Perilaku Menyontek Ditinjau dari Persepsi terhadap Intensitas Kompetisi Dalam Kelas dan Kebutuhan Berprestasi.Jurnal Psikodimensia. Volume 2. No. 1, hal 10-16 September Desember 2001. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Hartanto. Dody. 2012. Bimbingan dan Konseling Menyontek: Mengungkapkan Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: Penerbit Indeks.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, E. 2012. Psikologi Perkembangan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Irawati, I. 2008. Budaya Menyontek di Kalangan Pelajar. (dalam http://www.kabarindonesia.com/, diakses 21 Desember 2012).

Imran. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka

Joewono, B, N. 2011. Ada Gladi Resik Contek Massal di Gendel 2. (edukasi.kompas.com/read/2011/06/05/20032985/Ada.Gladi.Resik.Nyontek.Massal.di.UN.SD) di unduh 28 April 2014.

Kartono, K & Gulo, D. 2000. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.

Lupton, R. A. & Chapman, K. J. 2002. Russian and American College Students’ Attitudes, Perceptions and Tendencies Toward Cheating. Educational Research, vol 44(1),17-27.

Marsden, H., Carrol, M., & Neill, J. T. 2005. Who Cheats at University? A Self-report of Dishonest Academic Behaviours in A Sample of Australian University Students. Australian Journal Of Psychology,vol. 57, no. 1, May 2005, 1-10. Australia: The Australian Psychological Society Ltd

Margono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Monks. 2002. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Monks. 2004. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Purwono H. 2014. Pengaruh Handphone Dan Tingkat Kedisplinan Belajar Terhadap Perilaku Menyontek. Education Vitae, Vol. 1, Hlm 40-57.

Pudjiastuti E. 2012. Hubungan “Self-Efficacy” dengan Perilaku Menyontek Mahasiswa Psikologi, Vol XXVIII, No. 1, Hlm. 103-112.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Sari, I. Marjohan., dan Neviyarni. 2013. Locus of Control dan Perilaku Menyontek serta implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Vol.2, No 1, Hlm. 267-272.

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2005. Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Subana dan Sudrajat. 2005. Metode Penelitian Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka.

Sunjoyo, dkk. 2013. Aplikasi SPSS untuk Smart Riset (Program IBM SPSS 20). Bandung: Alfabeta.

Soetjiningsih. 2004. Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. CetakanI. Jakarta: Sagung Seto.

Sears. D. O. 2004. Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Schmelkin. L. P., Gilbert, K., Spencer, K.J., Pincus, H.S., dan Silva, R. 2008. Multidimensional Scaling of college Students perceptions of Academic Dishonesty. Journal of Higher Education Vol. 79 No.5.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful B D. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syah, M. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widanarti, N., dan Indati, A. 2002. Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Self Efficacy Pada Remaja Di SMU Negeri 9 Yogyakarta. No. 2, Hlm. 112-123.

Wryobeck, J. M., dan Whitley, B. E. 2002. Educational Value Orientation and Peer Perceptions of Cheaters. Ethics and Behavior. Vol. 9, No. 3, Hlm. 231-242.

Zebua, A.S & Nurdjayadi, R.D. 2001. Hubungan antara Konformitas dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Jurnal Phronesi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id