Hubungan Antara Konformitas dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik

Khoirul Anam

Abstract


Masalah prokrastinasi atau keterlambatan, menurut beberapa hasil penelitian adalah salah satu masalah yang menimpa mayoritas anggota masyarakat luas seperti di Indonesia, terutama pada siswa. Perilaku prokreasi pada siswa banyak akibat negatifnya, termasuk siswa akan mendapat nilai lebih rendah, mengundurkan diri ke pendidikan tinggi dan tingkat kehadiran cenderung rendah di ruang kelas. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kesesuaian dan dukungan orang tua terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMPN 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan skala likert yang telah dicoba pada 95 siswa dan mengambil 95 siswa sebagai subjek. Seluruh data dianalisis dengan perhitungan SPSS 20 for windows. Analisis data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, deskriptif, linieritas, normalitas, multikolinearitas, dan regresi. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara variabel konformitas terhadap prokrastinasi akademik dengan scorebeta = -0,071, t = -0,671, t tabel = 1,966 dan p = 0,504. Sedangkan ada hubungan yang signifikan antara variabel dukungan orang tua terhadap prokrastinasi akademik dengan scorbeta = -0,450, t = -4,226, t tabel = 1,966 dan p = 0,000. Namun, ada korelasi yang signifikan antara kepatuhan dan dukungan orang tua terhadap prokrastinasi akademik dengan skor f = 14,577, f tabel = 3,09, R = 0,491, R2 = 0,241 dan p = 0,000.

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. (2001). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, Robert. A dan Byrney, Donn. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Brown, J.D. (2006) The Self. New York: Mc Graw Hill.

Bow, Mas. (2009). (Diakses 17 Desember 2010 pukul 19:01).Apa itu Dukungan Sosial?, http://www.masbow.com/2009/08/apa-itu-dukungan-sosial.html.

Ghufron, N.M. & Risnawita, R. (2010). Teori-teori psikologi. Jogjakarta:Ar- Ruz Media.

Ginna, M. (2006) remaja kelompok sebaya. http:/www. Pikiran-pikiran rakyat.com/cetak/2006/05/hikmah/lain04.htm.

Gunarsa. S. (2003). Psikologi remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Gunawinata, V. A.R.Prefereksionise,dkk. (2008). Prokrastinasi Akademik dan Penyesuaian Skripsi Mahasiswa., Anima,Indonesia Psychological journal, Vol. 23 No.3,256-276.

Mahastuti, D. (2004). Penyesuaian diri anak lambat relajar ditinjau dari dukungan social orang tua dan guru di Sekolah Dasar Galuh Handayani (Maria Montessori). Tesis (tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Kelompok Bidang Ilmu-ilmu Sosial Universitas Gadjah Mada).

Myers, David G (2005) social psychology: 8th edition. New York: McGraw Hill.

Olson, Janes. (2000). Health Psychology Buckingham: Open University Press.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rin Fibriana, 2009, Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial, Skripsi, Fakultas Psikologi UMS, Surakarta, Indonesia.

Rizvi, A. (2005). Pusat kendali dan efikasi diri sebagai prediktor terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologika Universitas Gadjah Mada, 12 (2), 272-275.

Santrock, John W. (2007). Adolesecence; Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlanagga.

Sarwono, S. (2006). Psikologi remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sears, David O., Freedman J.L and Peplau, L.A. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Surijah, E.A & Sia,T. (2007) Mahasiswa Versus Tugas : Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Anima, Indonesia Psychological Journal, vol. 22, No. 4,352-374.

Tondok, M.S.,Steel. (2008). Prokrastinasi Akademik dan Niat Membeli Skripsi. Anima,Indonesia Psychological journal, Vol. 24, No. 1, 76-87.

Utami, E.D. (2006). Hubungan antara dukungan sosial pengasuh dengan kemampuan menjalin persahabatan pada remaja panti asuhan. Skripsi (tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya).

Van Wyk, L. (2005). The Relationship between Procrastination and Stress in The Life of The High School Teacher. http://www.upetd.up.ac.za/thesis/00disserttation.pdf/26/04/2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id