Hubungan Penggunaan Media Sosial dan Kehadiran Sosial dengan Sikap Wirausaha

Citra Febrinia

Abstract


Persaingan dalam dunia kerja menjadi salah satu faktor seseorang untuk merubah arah tujuan hidup menjadi seorang pengusaha. Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi seseorang ketika menjadi seorang pengusaha, seperti perlambatan ekonomi yang membuat daya beli masyarakat menurun, pengendalian keuangan yang buruk, lemahnya usaha pemasaran, lokasi usaha yang kurang memadai, kurangnya pengalaman, dan sikap kurang bersungguh-sungguh. Untuk menghadapi tantangan ini, pengusaha harus meningkatkan sikap wirausaha agar tidak mengalami kegagalan dalam membangun usaha. Sikap wirausaha dapat dikembangkan dengan memanfaatkan penggunaan media sosial dan kehadiran sosial dalam memasarkan sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dan kehadiran sosial dengan sikap wirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah 86 pemilik usaha mikro dan kecil yang terdaftar dalam UMKM di DISPERINDAGKOP tahun 2014 di Samarinda, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Metode pengambilan data dengan menggunakan skala sikap wirausaha dengan rix=0,244-0,744 dan reliabilitasnya 0,850. Skala penggunaan media sosial dengan rix=0,264-0,854 dan reliabilitasnya 0,865. Skala kehadiran sosial dengan rix=0,238-0,670 dan reliabilitasnya 0,746. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan analisis teknik regresi ganda dan sederhana. Hasil analisis korelasi (r) antara penggunaan media sosial dengan sikap wirausaha  menunjukan angka 0,639, p = 0,000, sedangkan analisis korelasi (r) kehadiran sosial dengan sikap wirausaha menunjukkan angka 0,678, p = 0,000, dan analisis korelasi (r) antara media sosial dan kehadiran sosial dengan sikap wirausaha menunjukan angka 0,737, p = 0,000. Analisis korelasi dari ketiga hubungan tersebut menunjukan angka mendekati 1 yang menandakan hubungan antar variabel signifikan.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hadipranata, A. F. (2006). Perilaku kewargaan organisasi ditinjau dari nilai-nilai religiusitas dan kompetensi sosial:: Penelitian pada karyawan PT. Manajemen Qolbu Bandung dan PT. Hadji Kalla Makassar (Doctoral dissertation, [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada).

Ariyanti, F. 23 Agustus 2015. Usaha Kecil Menengah Menderita Akibat Ekonomi RI Melambat. Liputan6.com. diakses tgl 05 September 2015. Jam 14.25 Wita.

http://bisnis.liputan6.com/read/2299840/usaha-kecil-menengah-menderita-akibat-ekonomi-ri-melambat.

Badan Pusat Statistik (survei angkatan kerja nasional). 04 April 2016. Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986 – 2015. Di akses tgl 29 April 2016. Jam 23.45. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/972#accordion-daftar-subjek2.

Baron, R.A., & Branscombe, N.R. 2012. Social Psychology.New Jersey: Pearson Education Inc.

Barry, J. 2015. Social Content Marketing for Entrepreneurs. New York: Bussines Expert Press.

Birley S., & Muzyka D. F. 2006. Memahami Seluk Beluk Perusahaan. Jakarta: PT INDEKS kelompok GRAMEDIA.

Charlesworth, A. 2015. An Introduction to Social Media Marketing. New York: Routledge.

Fajar, M. 2009. Ilmu Komunikasi teori dan praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gefen, D. & Straub, D. W. 2004. Consumer trust in B2C e-Commerce and the importance of social presence: experiments in e-Products and e-Services. Omega, Vol. 32: 407-424. Di akses tanggal 13 maret 2015. Jam 01.10 Wita. http://isiarticles.com/bundles/Article/pre/pdf/23979.pdf

Gerungan , W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Adi Tama.

Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Hisrich, R. D. Peters, M. P. & Shepherd, D.A. 2008. Entrepreneurship. New york: McGraw-Hill.

Huang, L., Jin, M., Wang, J. & Zhang, H. 2014. The Influence of Social Presence And Psychological Distance on Impulse Buying in Online Context. Journal of Statistic,Vol 30 (5): 873-886. Di akses tanggal 22 Februari 2015. Jam 01.07. http://www.pakjs.com/journals/30(5)/30(5)21.pdf

Kaplan, A. M. & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, Vol.52: 50-68. Di akses tanggal 3 Desember 2014. Jam 23.56. http://www.michaelhaenlein.eu/Publications/Kaplan,%20Andreas%20-%20Users%20of%20the%20world,%20unite.pdf

Kotler, P., Kartajaya, H. & Setiawan, I. 2010. Marketing 3.0. Jakarta: Erlangga.

Lasmadiarta, M. 2010. Extreme Facebook Marketing for Giant profits. Jakarta: PT Elex media komputindo.

Lehman, R. M. & Conceição, S.C.O. 2010. Creating a sense of presence in online teaching. San Fransisco: Jossey-bass.

Lowe, R. & Marroitt, S. 2006. Enterprise: Entrepreneurship and Innovation Concepts, Context, and Commercialization. Burlington: Elsevier Ltd.

Petrescue, M. 2014. Viral Marketing and Social Networks. New York: Bussines Expert Press.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III Daring. Badanbahasa.kemdikbud.go.id. Di akses tanggal 16 September 2015. Jam 22.25. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php

Saiman, L. 2009. Kewirausahaan (teori, praktik, dan kasus-kasus). Jakarta: Salemba empat.

Suryana. 2008. Kewirausahaan pedoman praktis: kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba empat.

Tuten, T. L. 2008. Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Westport: Praeger Publishing.

Valetsianos, G. 2010. Emerging Technologies in Distance Education. Canada: AU Press.

Wahana Komputer. 2010. Marketing Gratis dengan Facebook. Yogyakarta: Andi Offset.

Zimmerer T. W., Scarborough N. M., & Wilson D. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil edisi 5 buku 1. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id