Hubungan Internal Locus Of Control dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK)

Annisa Fahrina Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan locus of control internal dan dukungan orang tua siswa dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah (SMK) di SMK Negeri 1 Tenggarong. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel dependen kesiapan kerja dan variabel independen yaitu locus of control internal dan dukungan orang tua. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Samplin. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Tenggarong sebanyak 171 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis Kendall's tau nonparametric test. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat rendah dan korelasi yang signifikan antara locus of control internal dan kesiapan kerja dengan nilai Koefisien Korelasi = 0112, p = 0,035, dan tidak ada korelasi dan nirsignifikan antara dukungan orang tua dan kesiapan kerja dengan nilai Koefisien Korelasi = 0,049 dan p = 0365.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Anoraga, P. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar, Ali. 2009. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan. Kediri: IAT Press.

Badan Pusat Statistik. 2013. Data Pengangguran Terbuka. Online.

Dalyono, 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriyanto, Agus. 2006. Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.

Firdaus, Zamawi Zamzam. 2012. Pengaruh Unit Produksi, Prakerin dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi. Volume 2 nomor 3 halaman 403. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghufron, Nur M., dan S., Risnawita Rini. 2012. Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hastuti, Rahayu Sri. 2012. Hubungan Hasil Belajar Produktif dan Prakerin Dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK di Kabupaten Agam. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan. Volume 1 nomor 1 halaman 1 s/d 13. Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Lee, S, & Detels, R. 2007. The effects of social support on mental and behavioral outcomers among adolescents with parents with HIV/AIDS. Journal of Public Health. United States Vol.37. No.2 Hal 216-223.

Mahastuti, D. 2004. Penyesuaian diri anak lambat belajar ditinjau dari dukungan sosial orang tua dan guru di Sekolah Dasar Galuh Handayani (Maria Montessori). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Kelompok Bidang Ilmu-ilmu Sosial Universitas Gadjah Mada.

Munadi, Sudji. 2014. Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 4 nomor 2 hal 177. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyani, Ari Mirna. 2012. Peran Guru Pembimbing dalam Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 2 Sawahlunto Sumatera Barat. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Muyasaroh, Binti Hana. 2013. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industry dan Locus of Control terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Surakarta. Jupe UNS. Volume 1 nomor 1 hal 1 s/d 11. Fakultas Pendidikan Ekonomi-BKK Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret.

Phares, J. 2010. Locus of Control Personality. New Jersey. General Learning Press.

Robbins, P. S., & Judge, A. T. 2007. Perilaku organisasi (Ed.12). Jakarta: Salemba Empat.

Suparno. 2000. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Salazar, John, Pfaffenberg Carl dan Zalazar Leta. 2006. Locus of Control Vs. Employee Empowerment and The Relationship with Hotel Managers' Job Satisfaction. Journal of Human Resources in Hospitality & Tourism. Volume 5 nomor 1 halaman 91-100. The Haworth Press, Inc.

Santrock, J. W. 2003. Adolesence (Perkembangan Remaja). Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E.P. 2006. Health Psychology:Biopsychosocial Interactions. Fifth edition. USA: John Wiley & Sons.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id