Hubungan Kepercayaan Diri dan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Arie Prima Usman Kadi

Abstract


Prokrastinasi Akademik adalah salah satu masalah yang sering terjadi di Universitas yang akan berdampak negatif bagi mahasiswa dan Universitas. Prokrastinasi akademik di Universitas menunjukkan keterlambatan dalam bidang akademik oleh siswa harus ditingkatkan. Beberapa aspek yang berkaitan dengan prokrastinasi akademik salah satunya terkait dengan kepercayaan diri dan pembelajaran yang diatur sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan pembelajaran mandiri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi 2013 Universitas Mulawarman. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel dependen prokrastinasi akademik dan variabel independen yang percaya diri dan belajar mandiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi 2013 Mulawarman sebanyak 101 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi negatif yang signifikan antara kepercayaan diri prokrastinasi akademik dengan nilai β = -0417, nilai t <t tabel (t = -6272) dan nilai p <0,05 (p = 0,000) dan hubungan negatif yang signifikan antara belajar mandiri dengan prokrastinasi akademik dengan nilai β = -0529, nilai t <t tabel (t = -7944) dan nilai p <0,05 (p = 0,000). Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara kepercayaan diri dan pembelajaran mandiri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi 2013 Universitas Mulawarman.

Full Text:

PDF

References


Ackerman, D.S., and Gross, B.L. 2005. My Instructor Made Me Do It: Task Characteristic of Procrastination. Journal of Marketing Education, vol.27, 513.

Boekaerts, M. 2005. Self Regulation in the Classroom : A Perspective on Assessment and Intervention. Journal of International Association for Applied Psychology, vol. 54, no.2, 199-231.

Dominguez, R. 2006. Completing the dissertation : It’s not only about academics. College Teaching Methods and Styles Journal, vol. 2, no.2, 21-24.

Ferrari, J.R., Jhonson, J.L., and Mc Cown, W. 1995. Procrastination and Task Avoidance : Theory, Research, and Treatment. New York : Plenum Press.

________, and Tice, D. M. 2000. Procrastination as a self-handicap for men and women: A task-avoidance strategy in a laboratory setting. Journal of Research in Personality, vol.34, 73–83.

________, & Morales, J.F.D. 2007. Perceptions of self-concept and self-presentation by procrastinators : Futher evidance. The Spanish Journal of Psychology, vol.10, no.1, 91-96

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hadi, S. 2004. Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Hakim, T. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Kartadinata, I. & Tjundjing, S. 2008. I Love You Tomorrow : Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. Anima Indonesian Psychological Journal, vol. 23, no.2, 109-119

Latipah, E. 2010. Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar : Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi, vol. 37, no.1, 110-129.

Lauster, P. 2003. Tes Kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Molloy, A. 2010. Coach Yourself to Success : Mimpi Tercapai Target Terpenuhi. Jakarta : Niaga Swadaya

Prawitasari, J.E. 2012. Psikologi Terapan : Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta: Erlangga

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Santrock, J.W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga

________. 2008. Life-Span Development. USA : McGraw-Hill

Schouwenburg, H.C., Lay, C.H., Pychyl, T.A., and Ferrari, J.R. 2004. Counseling the procrastinator in academic settings. Washington DC: American Psychological Association

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Solomon, L.J. and Rothblum, E.D. 1984. Academic Procrastination : Frequency and Cognitive Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology, vol.31, 503-509

Steel, P. 2007. The Nature of Procrastination: a Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Journal of American Psychological Association, vol.133, no.1, 65-94

Surya, H. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zimmerman. 2004. Becoming a Self Regulated Learner : An Overview. Journal of Educational Psychology, vol. 41, no. 1, 64-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id