Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gadget di Toko Suryaphone Samarinda

Nanda Octaviona

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan persepsi harga dengan keputusan pembelian pada konsumen Suryaphone di Samarinda. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, variabel dependen khusus keputusan pembelian dan variabel independen, citra merek dan persepsi harga. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Quota Sampling. Ada 80 sampel yang dikumpulkan untuk penelitian ini dari konsumen Suryaphone di Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara citra merek dan keputusan pembelian dengan nilai beta = 0,268, t hitung = 2,458> t tabel = 1,991 dan p = 0,016, tetapi tidak ada pengaruh antara persepsi harga dan keputusan pembelian dengan nilai beta = - 0,97, t hitung = -0,891 <t tabel = 1,991 dan p = 0,376. Namun demikian, ada pengaruh yang signifikan antara citra merek dan keputusan pembelian dengan nilai F hitung = 3,411> F tabel = 3,14, R = 0,081 dan p = 0,038

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary dan Kotler, Philip. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid Pertama. Alih bahasakan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Buchari, Alma. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kartajaya, Hermawan, 2010. Brand Operation the Official MIM Academy course book. Jakarta: Esesnsi Erlangga Group.

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid Pertama. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Peter, J Paul dan C. Olson, Jerry. 2002. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Subhash, C. Jain. 2007. Essentials of Global Marketing. USA: South-Western College Publishin

Swasta, Basu dan Irawan, DH. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Sukotjo, H dan Radix, S. 2010. Analysis Marketing Mix-7 (Product, Price, g.Promotion, Place, Participant, Process and Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Teta di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.3, No.1, hal : 1-7.

Yoestini dan Eva, Sheila. R. 2007. “ Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian” (Studi Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol 6, No.3, hal : 261-276.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id