Penerimaan Diri Pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

Novira Faradina

Abstract


Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berebeda dengan anak pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, bagaimana seorang ibu memiliki penerimaan diri yang positif ketika memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan teori Moloeng dimana penelitian tersebut bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek. Peneltian ini menggunakan teknik snowball sampling yaitu dengan mencari informasi kuncil, yang dimaksud dengan informan kunci (key informan) adalah mereka yang mengetahui dan memiliki berbagai informasi pokok yang diperlukan dalam penelitian atau dilakukan secara berantai dengan meminta informasi pada orang yang telah diwawancarai atau dihubungi sebelumnya. Melalui teknik  snowball subjek atau sampel dipilih berdasarkan rekomendasi orang ke orang yang sesuai dengan penelitian dan kuat untuk diwawancara.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga subjek memiliki penerimaan diir yang berbeda dalam menerima dan menghadapi anak dengan berkebutuhan khusus. Pada subjek AS, memiliki penerimaan diri yang positif karena subjek pasrah dengan keadaan anaknya namun berusaha untuk memahami kondisi anaknya dan tidak malu dengan yang kekurangan yang dimiliki oleh anaknya. Subjek kedua SL memiliki penerimaan diri yang positif karena subjek dapat berusaha untuk ikhlas dan memahami keadaan anaknya serta selalu mendukung segala kegiatan anak termasuk dalam hal sekolah. subjejk ketiga RS memiliki penerimaan diri yang negatif karena subjek merasa kondisi anaknya tidaklah sesuai dengan harapannya dan subjek selalu merasa malu dan takut ketika orang lain mengetahui kondisi anak subjek yang memiliki gangguan perkembangan.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Agustiani, Hendriani. (2006). Psikologi Perkembangan: pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

Bethayana, Rahajeng Berlianingtyas. (2007). “Deskripsi Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (AKB) di Sekolah Inklusi. Skripsi S-1. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

BKKBN. (2009). Pegangan Kader Tentang Pembinaan Anak Remaja. Jakarta : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Direktorat Bina Kesehatan Remaja.

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur. (2012). Semua Orang Tua dituntut Penuhi Hak ABK. http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-1342-semua-orang-tuadituntut-penuhi-hak-abk-.html/

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2005). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusif, Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Jakarta.

Geniofarm,. (2010). Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: GaraIlmu.

Germer, Cristopher. K. (2009). The Mindful Path To Self-Compassion. United State of America: The Guilford Press. Jogjakarta: GaraIlmu.

Handayani, Eko. (2008). Anak dengan Gangguan Auitism. Jakarta : Universitas Terbuka.

Haris, Abdul. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Alfabeta.

Hurlock, Elizabeth. (2001). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

Jannah, M. (2004). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini & Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia.

Kubler Ross, Elizabeth. (2008). On Life After Death Revised. USA : Celestial Arts.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Mangunsong, Frieda. (1998). Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Depok: LPSP3 UI.

Mashita, Pittari. (2015). Penerimaan Orang tua Terhadap Anak Penderita Autis di Surakarta. Skripsi. Surakarta : Fakutlas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Meilinda, Endah. (2013). Hubungan Antara Penerimaan Diri dan Konformitas terhadap Intensi Merokok pada Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. eJurnal Psikoogi. Volme 1 Nomor 1, Halaman 9-22. Samarinda : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman.

Miranda, Destryarini. (2013). Strategi Coping dan Kelelahan Emosional (Emotional Exhaustion) pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Samarinda, Kalimantan Timur). eJournal Psikologi. Volume 1 Nomor 2, Halaman123-135. Samarinda : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman.

Moleong , L, J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Pancawati, Ririn (2013). Penerimaan Diri dan Dukungan Orangtua Terhadap Anak Autis. eJournal Psikologi. Volume 1 Nomor 1, Halaman 38-47. Samarinda : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Pratiwi, Ratih Putri dan Afin Murtiningsih. (2013). Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id