Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kecemasan Ibu Hamil Pertama Trimester ke III Dalam Menghadapi Persalinan di Samarinda

Siti Sarifah

Abstract


Kehamilan dapat merupakan sumber stressor kecemasan, terutama pada seorang ibu yang akan menghadapi persalinan. Kondisi ini sering kali menimbulkan perasaan tegang, panik, takut, stress dan khawatir dalam menghadapi kelahiran bayi. Ibu yang cerdas secara emosi akan memandang kehamilan dan perubahan yang terjadi merupakan hal positif sehingga akan melewati kehamilan dengan baik dan nyaman.  Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan ibu hamil pertama dalam menghadapi persalinan di Samarinda.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 20 ibu hami. Metode yang digunakan untuk analisa data adalah teknik Product Moment Pearson. Hasil yang diperoleh menunjukan korelasi yang didapat adalah -0.046 pada taraf signifikansi 0.009 dengan probabilitas (p<0.05). Hal tersebut berarti ada hubungan yang negatif antara kecerdasan emosi dengan kecemasan ibu hamil pertama dalam menghadapi persalinan.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Amelia, D. 2011. Hubungan antara kematangan emosi dan persepsi terhadap dukungan social dari suami terhadap kecemasan kehamilan pertama. Skipsi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Amelia, R. 2011. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat stress kerja perawat di Instalasi Gawat Darurat. Skripsi: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau.

Arafah, CT, Aizar, E. 2011. Kecemasan Ibu Primigravida dalam Menghadapi Persalinan di Klinik Hj. Hadijah. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Benson, R.C. 1984. Psychologic aspects of obstetrics and gynecology in Current Obstetrics and Gynecology Diagnosis and Treatment, 6 th Ed. California: Lange Medical.

Diener, R., Lucas, R.E., & Oishi, S. 2005. Subjective Well Being: The Science of Happiness and Life Satisfaction. Dalam C.R. Synder, & S.J. Lopez (eds). Handbook Of Positive Psychology (hal 63-73) Oxford University Press, inc, New York.

Goleman, D. 2007. Kecerdasan Emosi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kartono, K. Psikologi Wanita: Mengenal wanita sebagai ibu dan nenek. Bandung: Mandar Maju, 1992.

Kushartanti, W., Soekamti, E. R., & Sriwahyuniati, C. F. 2010. Senam Hamil: Menyamakan Kehamilan, mempermudahpersalinan. Lintang Pustaka: Yogyakarta.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Nevid, Rathus, & Greene. 2005. Psikologi Abnormal, Edisi 5 Jilid 1. Surabaya: Erlangga.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Alfabeta: Bandung.

Susanti Urva, Misrawati, Wasisto Utomo. 2012. Hubungan Persepsi Ibu Hamil Tentang Kehamilan dengan Tingkat Kecerdasan Emosional. Jurnal Ners Indonesia, Vol 2, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id