Kebermaknaan Hidup dan Kecemasan Dalam Menghadapi Kematian Pada Lansia di Panti Werdha Samarinda

Rizka Lellyani Maramis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebermaknaan Hidup dan Kecemasan dalam Menghadapi Kematian pada Lansia di Panti Werdha Samarinda. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui apa saja yang telah di lakukan para lansia dalam memaknai kehidupan dan kecemasan dalam menghadapi kematian di Panti Werdha Samarinda. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Peneliti menggunakan teknik snowball sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dan menggunakan tes DASS untuk mengukur tingkat kecemasan tiga subjek lansia yaitu subjek SM berusia 72 tahun dengan tingkat kecemasan sangat berat, subjek A berusia 70 tahun dengan kecemasan sangat berat dan subjek T berusia 65 tahun dengan kecemasan ringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek I dan juga subjek II mengalami dampak yang negatif dari kecemasan berat yang mereka alami, yaitu mereka merasa bahwa hidup dan dirinya tidak lagi bermakna kedua subjek juga merasa takut akan kematian karena pengalaman-pengalaman masa lalu yang kurang begitu baik dampaknya bagi diri mereka. Sedangkan, subjek I menunjukkan dampak yang positif, ia merasa bahwa hidupnya begitu bermakna karena kasih sayang oleh keluarganya yang begitu besar untuk dirinya dan pengalaman-pengalaman masa lalu yang begitu baik membuatnya cukup puas dalam menjalani sisa hidupnya karena ia tidak mengalami kecemasan mendalam untuk menghadapi kematian.

Full Text:

PDF

References


Andri, Yenny Dewi. 2007. Teori Kecemasan Berdasarkan Psikoanalisis Klasik dan Berbagai Mekanisme Pertahanan terhadap Kecemasan. Jurnal Sains dan Praktik Psikologi. Volume 57 (7). 102-133. Malang. Magister Psikologi UMM.

Azwar, Saifuddin. 2003. Reliabilitas dan Validitas, Edisi Ketiga, Pustaka. Pelajar, Yogyakarta.

Bastaman, H.D. 2007. Logoterapi: Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Creswell, J. W. 1994. Research Design: Quantitative and Qualitative Approach. London: Sage.

Frankl, V. E 2004. Man’s Search for Meaning, Terjemahan. Bandung: PenerbitNuansa.

Hasbiyansyah, O. 2008. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Jurnal INSIGHT. Volume 9 (1). 77-98. Yogyakarta. Fakultas Mercu Buana.

Hidayat, Komaruddin. 2006. Psikologi Kematian. Bandung: Mizan Media Utama.

Hurlock, E. B. 2006. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Keane, R. 1989. Essential of Clinical Gereatrics. Singapura: Mc Graw-Hill.

Koentjaraningrat, M.F. Swasono, A. Dharmawaty & A. Rivai. 1995. “Potensi dan Kontribusi Penduduk Lanjut Usia dalam Keluarga dan Komuniti: Studi kasus di Sumatera Barat dan Sumba Timur”. Laporan Penelitian. Jakarta: Biro Riset Ilmu Sosial.

Lugo, James O. dan Gerald L. Hershey. 2005. Human Development. New York: Mac Millan Publishing Co. Inc.

Moleong, 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Monks, F. J, Knoers dan Haditono, S. R. 2006. Psikologi Perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. 2009. Human Development (Psikologi Perkembangan, bagian V sd IX). Jakarta: Kencana.

Poerwandari, E. K. 1998. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: LPSP3 UI.

Salam, Abdul. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Program Pasca Sarjana UNM, Makassar.

Santrock, W Jhon. 2005. Life Span Development (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Suprapto, Hana C. H. 2013. Konseling logoterapi untuk meningkatkan kebermaknaan hidup lansia. Jurnal Sains dan Praktik Psikologi. Vol 1 (2). 190-198. Malang. Magister Psikologi UMM. ISSN: 2303-2936.

Templer, D.I & Lonetto, R. 2005. Death Anxiety. Washington: Hemisphere Publishing.

Warsito, H. 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. APTIK. Jakarta.

Wijayanti, Ari & Lailatushifah, Siti N.K. 2012. Kebermaknaan Hidup dan Kecemasan terhadap Kematian pada Orang dengan Diabetes Melitus. Jurnal INSIGHT. Vol 10 (1) Februari 2012. Yogyakarta. Faculty of Psychology University of Mercu Buana Yogyakarta.

Wiyono, Wahyu dan Widodo, Arif. 2010.Hubungan antara tingkat kecemasan dengan kecenderungan insomnia pada lansia di Panti Werdha Dharma Bhakti Surakarta. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan. Vol 2 (2). 87-92. Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan UMS. ISSN: 1979-2697.

Zohar, dan Marshall. 2005. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan, Jakarta: Pustaka Mizan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id