Hubungan Orientasi Tujuan dan Motivasi Berprestasi Dengan Intensi Menyontek Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman

Nadhiratul Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan orientasi tujuan dan motivasi berprestasi dengan intensi menyontek pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows 7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara orientasi tujuan dan motivasi berprestasi dengan intensi menyontek pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman dengan nilai R = 0,490, F hitung = 15,035 (F hitung > F tabel = 3,0718), R2 = 0,240, dan p = 0,000 (p < 0,005). Sebagai tambahan, dari hasil analisis regresi model sederhana diketahui bahwa tidak terdapat hubungan antara orientasi tujuan dengan intensi menyontek. dengan nilai beta = – 0,055; t hitung = – 0,527 (t hitung < t tabel = 1,984), dan p = 0,599 (p > 0,05). Kemudian, hasil uji regresi sederhana pada motivasi berprestasi dengan intensi menyontek memperlihatkan bahwa adanya hubungan yang negatif dan sangat signifikan dengan beta = – 0,460; t hitung = – 4,403 (t hitung > t tabel = 1,984), dan p = 0.000 (p < 0,05).

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Ajzen, Icek. 2005. Attitude, Personality, & Behavior. Open University Press.

Anderman, E. M., & Mudrock, T. B. 2007. Psychology of Academy Cheating. San Diego, CA, US: Elsevier Academic Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eric M. Anderman, Tripp Griesinger, & Gloria Westerfield. 1998. Motivation and Cheating During Early Adolescence. Journal of Educational Psychology. 90(1), 84-93.

Fishbein, M., & Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. London: Addison Wesley Publishing Company.

Hartanto, Dody. 2012. Mengatasi Masalah Menyontek. Yogyakarta: Indeks Jakarta.

McClelland, D. C. 1986. Human Motivation. New York: Cambridge University Press.

McTruck, R. H., & Morgan, G. A. 1995. Mastery Motivation: Origins, Conceptualizations, and Applications. New Jersey: Ablex Publishing Corporation.

Morgan, T. C., King, A. R., Weisz, R. J., & Schopler, J. 1986. Introduction to Psychology (7th Edition). Boston: Mc Graw-Hill International Editions Psychology Series.

Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Passow, H. J., dkk. 2006. Factors Influencing Engineering Students’ Decisions to Cheat by Type of Assessment. Research in Higher Education. Springer Science+Business Media, Inc: USA. DOI: 10.1007/s11162-006-9010-y.

Pincus & Schemelkin, L.P..2003. Faculty Perception of Academic Dishonesty: A Multidimensional Scaling Analysis. Journal of Higher Education. 74 (2), 196.

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. 1996. Motivation in Education: Theory, Research, And Application. New Jersey: Prentice Hall.

Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman. Visi, Misi, dan Tujuan. (http://psikologi.fisip-unmul.ac.id/home/visi-misi-dan-tujuan/) diunduh 25 Februari 2015.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rettinger, D. A.&Jordan, A. E. (2004). Evaluating the Motivation of Other Students to Cheat: A Vignette Experiment. Research in Higher Education. 45. 873–890.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Schunk. H.D., Pintrich, P. R., & Mecce. L.J. 2008. Motivational In Education: Theory, Research, And Application. Ohio: Pearson Press.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Perkasa Rajawali.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Edisi Kesepuluh. (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id