Hubungan Antara Keterbukaan Diri (Self Disclosure) dan Intensi Memanfaatkan Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Perilaku Agresif

Miftachush Shurur

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keterbukaan diri (self disclosure) dan intensi memanfaatkan layanan bimbingan konseling terhadap perilaku agresif pada siswa SMKN 4 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala perilaku agresif, skala keterbukaan diri (self disclosure) dan skala intensi memanfaatkan layanan bimbingan konseling dengan model skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi model bertahap dan model penuh dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil analisis pertama menunjukkan tidak ada hubungan keterbukaan diri (self disclosure) dengan perilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah Thitung < Ttabel (Thitung = -0,882) dengan P > 0.05 (p = 0,382). Hasil analisis kedua menunjukkan tidak ada hubungan intensi memanfaatkan layanan bimbingan konseling dengan perilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah Thitung < Ttabel (Thitung = -1,543) dengan P > 0.05 (p = 0,128). Hasil analisis ketiga menunjukkan tidak ada hubungan keterbukaan diri (self disclosure) dan intensi memanfaatkan layanan bimbngan konseling terhadap perilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah Fhitung < Ftabel (Fhitung = 1,862) dengan Adjusted R Square = 0,028 dan P > 0.05 (p = 0,165).

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Ajzen, Icek dan Fishbein, Martin. 1980. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. New Jersey: Prentice-Hall.

Ajzen, Icek. 1988. Attitudes, Personality, and Behavior. Milton Keynes: Open University Press.

Alwisol. 2004. Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.

Barak, Azy dan Ofri, Orit Gluck. 2007. Degree and Reciprocity of Self-Disclosure in Online Forums. Cyber Psychology & Behavior. 10, (3). (https://www.researchgate.net/publication/6243745_Degree_and_Reciprocity_of_Self-Disclosure_in_Online_Forums) diunduh pada tanggal 8 Oktober 2015.

Baron, Robert A, dan Byrne, Donn. 2005. Psikologi Sosial Jilid 2 edisi ke sepuluh. Jakarta: Erlangga.

Dyan, N. P. 2005. Perilaku agresif remaja ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Dyastuti, Susanti. 2012. Mengatasi Perilaku Agresif Pelaku Bullying Melalui Pendekatan Konseling Gestalt Teknik Kursi Kosong. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/1076) diunduh pada tanggal 10 Oktober 2015).

Erdost, Turkuler. 2004. Trust and Self-Disclosure in the Context of Computer Mediated Communication. Thesis. Middle East Technical University.

Gainau, Maryam B. 2008. Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa dalam Perspektif Budaya dan Implikasinya Bagi Konseling. Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Papua.

(http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/jiw/article/viewFile/17061/17024) diunduh pada tanggal 10 Oktober 2015.

Guswani, Aprius Maduwita dan Kawuryan, Fajar. 2011. Perilaku Agresi Ditinjau dari Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Pitutur. Vol 1, No 2, Juni 2011. Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus. (http://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/article/viewFile/29/28) diunduh pada tanggal 10 Oktober 2015.

Http://smkn4samarinda.com/halaman/profil-sekolah (diakses pada tanggal 24 Februari 2005).

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Koeswara, E. 1988. Agresi manusia. Bandung: PT. Eresco.

L.N Yusuf, Syamsu ,dan Nurihsan, Juntika A. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Rosdakarya.

Levianti. 2008. Konformitas dan Bullying Pada Siswa. Jurnal Psikologi. Vol 6 No 1. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. (http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psi/article/download/49/48) diunduh pada tanggal 15 Oktober 2015.

Litbang tvone. 2012. Data Tawuran Pelajar Selama 2010-2012. http://video.tvonenews.tv/arsip/view/62132/2012/09/27/data_tawuran_pelajar_selama_20102012.tvOne (diakses pada tanggal 5 September 2014).

Martinez, Brynheld dan Howe, Nina. 2013. Canadian Early Adolescents’ Self-Disclosure to Siblings and Best Friends. International Journal of Child, Youth and Family Studies Vol: 2, hal. 274–300. (http://mmduvic.ca/index.php/ijcyfs/article/viewFile/12212/3681) diunduh pada tanggal 16 Oktober 2015.

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. 2009. Perkembangan manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Putri, Faradina Anggraini. 2010. Hubungan Kematangan Emosi dengan Agresivitas Remaja Akhir Laki-laki. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Ratnawati, dan Pratitis, Niken Titi. 2013. Perbedaan Agresifitas dan Prososial antara Siswa SMP Negeri Di Kota dengan Di Desa. Jurnal Wacana. Universitas Sebelas Maret.

(http://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/15) diunduh pada tanggal 16 Oktober 2015.

Sari, Andika. 2013. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavior dalam Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas VIII SMP N 27 Semarang. Skripsi. IKIP PGRI Semarang.

Sears, David. O., Freedman, Jonathan. L., dan Peplau, L. Anne. 2009. Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sheldon, Pavica. 2010. Similarities and Differences in Self Disclosure and Friendship Development Between Face to face Communication and Facebook. Dissertation. Graduate Faculty of the Louisiana State University.

Singh, Ritu., Pant, Kusha., and Valentina, Laitonjam. 2013. Gender on Social and Emotional Maturity of Senior School Adolescents: A Case Study of Pantnagar Stud Home Com Sci, 7(1): 1-6 (2013). Department of Human Development and Family Studies: Pantnagar.

Soetjiningsih. 2007. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Talley, Amelia; Bettencourt, B. Ann; Valentine, Jeffrey; and Benjamin, Arlin James, 2006. Personality and Aggressive Behavior Under Provoking and Neutral Conditions: A Meta-Analytic Review. Psychological Bulletin. Vol. 132, No. 5, 751-777. (https://www.researchgate.net/profile/Jeffrey_Valentine/publication/6876363_Personality_and_aggressive_behavior_under_provoking_and_neutral_conditions_a_meta-analytic_review/links/02e7e5218ea3b35734000000.pdf) diunduh pada tanggal 20 Oktober 2015.

Taylor, E. Shelley, Peplau, Letitia Anne, & Sears, David O. 2009. Psikologi Sosial Edisi 12. Jakarta: Prenada Media Group.

Thalib, Syamsul Bahri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tremblay, R.E., dan Cairns, R.B. 2000. The development of aggressive behavior during childhood: What have we learned in the past century? International Journal of Behavioral Development, 24 (2), 129‐141. (http://www.mac-cura.ca/download%20docs/Papers%20for%20Site/Aggression/Tremblay,%202003.pdf) diunduh pada tanggal 20 Oktober 2015.

Trisnawati, junia., Nauli, Fathra Annis., dan Agrina. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Agresif Remaja Di SMK Negeri 2 Pekanbaru. JOM PSIK Vol. 1 no 2 Oktober 2014. Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id