Faktor Pendorong Fanatisme Pada Suporter Klub Sepak Bola Arsenal di Balikpapan

Irna Purnamasari

Abstract


Fanatisme dapat dimanifestasikan ke dalam perilaku yang berdampak negatif maupun positif. Fenomena pada suporter sepak bola harus ada faktor-faktor pendorong yang kuat dalam mempengaruhi perilaku fanatisme individu. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong fanatisme pada suporter klub sepak bola Arsenal di Balikpapan. Faktor pendorong perilaku adalah proses menyimpulkan aspek dan karakteristik perilaku suporter. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 3 orang sebagai subjek penelitian yaitu suporter klub sepak bola Arsenal usia dewasa awal. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan snowball sampling. Data diambil dengan teknik wawancara mendalam dengan menggunakan indikator aspek faktor pendorong perilaku. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu faktor yang dominan yang menyebabkan individu mendukung klub sepak bola Arsenal, karena rasa suka dan bangga pada objek. Aspek yang memunculkan perilaku fanatisme disebabkan oleh motivasi dan pengaruh dari masyarakat, dimana aspek eksternal tersebut saling berhubungan mempengaruhi aspek internal individu dalam mendukung sebuah klub sepak bola. Adanya pengetahuan dan regulasi emosi yang baik pada suporter, menyebabkan fanatisme pada suporter klub sepak bola Arsenal cenderung dimanifestasikan ke dalam perilaku yang berdampak positif.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2 (1), 1-9.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Alwi, H. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia, edk 3. Balai Pustaka, Jakarta.

Chaplin, J. P. (2009). Dictionary of Psychology, (Terjemah. Kartini Kartono) Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Goddard, H. (2001). Civil Religion.

Handoko, A. T., & Andrianto, S. (2006). Hubungan antara fanatisme positif terhadap klub sepakbola dengan motivasi menjadi suporter. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Huitt, W. (1998). Critical thinking: An overview. Educational psychology interactive, 3(6), 34-50.

Maslow, Abraham. (2003). Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: Midas Surya Grafindo

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 103.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Santrock, J. W. (2007). Remaja jilid 1 edisi 11. Jakarta: Erlangga.

Seregina, A., Koivisto, E., dan Mattila, P. (2011). Fanaticism-Its Developmentand Meanings in Consumers Lives. Journal of Aalto University School of Economics. 1(1). Pp 1-106.

Thorne, S., & Bruner, G. C. (2006). An exploratory investigation of the characteristics of consumer fanaticism. Qualitative Market Research: An International Journal.

Tri dan Hudaniya. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Malang: Remaja Rosada.

Zebua, A. S., & Nurdjayadi, R. D. (2001). Hubungan antara konformitas dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id