Hubungan Antara Keterlibatan Mode dan Pembelian Impulsif Dengan Harga Diri (Self Esteem) Pada Remaja

Herliana Rahmi Saputri

Abstract


Penelitian ini diadakan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan mode dan pembelian impulsif terhadap harga diri pada remaja di SMAN 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan skala likert yang sudah diuji cobakan pada 40 siswa dan mengambil subjek sebanyak 131 siswa. Seluruh pengolahan data menggunakan perhitungan SPSS 20 for windows. Analisa data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, deskriptif, linearitas, normalitas, multikolinearitas, regresi dan parsial. Pada hasil uji regresi di dapat hasil bahwa variabel pembelian impulsif tidak memiliki hubungan dengan harga diri dengan nilai beta = 0.040, t hitung = 0.514, t tabel = 1.978 dan p = 0.608. Sedangkan variabel keterlibatan mode memiliki hubungan signifikan dengan harga diri dengan nilai beta = 0.684, t hitung = 8.811, t tabel = 1.978 dan p = 0.000. Meski demikian, terdapat hubungan signifikan antara keterlibatan mode dan pembelian impulsif dengan harga diri dengan nilai f hitung = 64.596, f tabel = 2.57, R = 0.709, R2 =0.502 dan p = 0.000.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Azwar, S. (2010). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banister, E. N., & Hogg, M. K. (2004). Negative symbolic consumption and consumers’ drive for self‐esteem. European Journal of Marketing.

Cass, A. O. (2001). Consumer self-monitoring, materialism and involvement in fashion clothing. Australasian Marketing Journal (AMJ), 9(1), 46-60.

Chang, M. L., Lai, M., & Wu, W. Y. (2010). The influences of shopping motivation on adolescent online-shopping perceptions. African Journal of Business Management, 4(13), 2728-2742.

Coopersmith, S. (1965). The antecedents of self-esteem. Princeton.

Dariyo, A. & Ling, Y. Interaksi Sosial di Sekolah dan Harga Diri Pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU). Phronesis. 4 (7): 35-49.

Dholakia, U. M. (2000). Temptation and resistance: An integrated model of consumption impulse formation and enactment. Psychology & Marketing, 17(11), 955-982.

Gąsiorowska, A. (2011). Gender as a moderator of temperamental causes of impulse buying tendency. Journal of Customer Behaviour, 10(2), 119-142.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS.

Herabadi, A. G., Verplanken, B., & Van Knippenberg, A. (2009). Consumption experience of impulse buying in Indonesia: Emotional arousal and hedonistic considerations. Asian Journal of Social Psychology, 12(1), 20-31.

Japarianto, E., dan Sugiharto, S. (2011). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 6 (1): 12.

Kim, H. S. (2005). Consumer profiles of apparel product involvement and values. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal.

Nielsen, A. C. (2007). Survei of Consumer Behaviour and Perception Toward Modern Retail and Traditional Trade Channels. Departemen Perdagangan Indonesia. Jakarta.

Park, E. J., Kim, E. Y., & Forney, J. C. (2006). A structural model of fashion‐oriented impulse buying behavior. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal.

Perdani, D. P. (2009). Kepuasan body image pada mahasiswa yang menggunakan body piercing. Jurnal Psikologi, 7(1).

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Perkembangan anak dan remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja), Alih Bahasa Shinto B. Adelar & Sherly Saragih.(Jakarta: Erlangga, 2003).

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Tinarbuko, S. (2006). Pola Hidup Konsumtif Masyarakat Yogya. Jakarta: Kompas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id