Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Anisa Septiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode pengajaran guru tentang prestasi belajar matematika SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu: prestasi belajar matematika sebagai variabel dependen dan gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode pengajaran guru sebagai variabel independen. Pengumpulan data dikumpulkan dengan menggunakan metode skala. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sangatta Utara sekitar 75. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes analisis Kendal's Tau nonparametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar matematika dengan nilai korelasi -0,117 dan nilai p> 0,05 (p = 0,186) dan ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang metode pengajaran guru dan prestasi belajar matematika. belajar dengan nilai korelasi -0,050 dan nilai p> 0,05 (p = 0,575).

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Chairunnisa. (2011). Persepsi Siswwa Terhadap Metode Pembelajaran Guru Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Smk Al-Hidayah Ciputat. Jakarta: UIN Starif Hidayatullah

Chaplin. (1989). Kamus Lengkap Psikologi Edisi 1 Cetakan Pertama. Jakarta: Rajawali.

DePorter & Hernacki. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Latifah. (2010). Strategi Self Regulated Learning Dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi. 37 (1): 110-129.

Nuniek. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. 2(1).

Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi aksara.

Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rakhmat. (2004). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Pengasih. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 11(1): 112-128.

Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha ilmu.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Sukmadinata. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogayakarta: UNY PRESS

Wade & Travis. (2007). Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Winkel (1997). Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i3.3783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id