Hubungan Antara Pengembangan Karir dan Pemberian Insentif Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan

Puji Lestari

Abstract


Sumber daya manusia bekerja sama dengan manajemen perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan semangat karyawan dalam bekerja. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan pengembangan terhadap karir dan pemberian insentif secara benar dan konsisten. Studi ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengembangan karir dan pemberian insentif dengan loyalitas kerja karyawan pada PT. Komatsu Remanufacturing Asia di Balikpapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah 210 orang karyawan PT. KRA, dan random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel untuk mendapatkan 138 karyawan sebagai sampel. Teknik wawancara, observasi, dan kuesioner yang digunakan dalam mengumpulkan data. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 22.0 for windows. Hasil menunjukan hubungan yang positif dan signifikan antara pengembangan karir dengan loyalitas kerja karyawan PT. Komatsu Remanufacturing Asia dengan kontribusi sebesar 36,7 persen. Sementara itu, hubungan antara pemberian insentif dengan loyalitas kerja karyawan PT. Komatsu Remanufacturing Asia menunjukan hasil yang positif dan signifikan dengan kontribusi sebesar 61,9 persen. Hasil hubungan antara pengembangan karir dan pemberian insentif dengan loyalitas kerja karyawan pada PT. Komatsu Remanufacturing Asia menunjukan hubungan yang positif dan signifikan dengan kontribusi sebesar 64,3 persen dan sisanya akan dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan kerja yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, Arif. (2010). Psikologi Teori-teori dan Motivasi. Jakarta: Salemba.

Handoko, T. Hani (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Haryani, Putu Yeni. (2013). Korelasi antara Pengembangan Karir dengan Motivasi Kerja dan Keinginan Untuk Pensiun Dini. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. 18 (2): 183-185.

Hasan, Ali. (2009). Marketing. Jakarta: Media Presindo.

Hasibuan, M. S. (2005). Manajemen sumber daya manusia edisi revisi. Bumi Aksara, Jakarta, 288.

Hasibuan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Menggunakan Media Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Pengukuran Di Kelas VII Semester I SMP Swasta Muhammadiyah 17 PON T.P. 2012/2013. Skripsi. Medan: FMIPA Unimed.

Hermawan, I Ketut Andy dan I Gede Riana. (2013). Faktor-faktor yang Menentukan Loyalitas Karyawan pada PT. Inti Buana Permai Denpasar Bali. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. 21(1): 265.

Lasmahadi, A. (2005). Peran-Peran Baru Bagi Fungsi Sumber Daya Manusia dan Para Praktisinya,

Mangkunegara, A. A., & Prabu, A. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. H. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyatno, D. (2009). SPSS untuk analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.

Ranupandoyo (2009). Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Rivai, Veitzal. (2008). Islamic Financial Management: Teori, Konsep, dan Aplikasi Panduan Praktis untuk Lembaga Keuangan, Nasabah dan Mahasiswa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, V., & Sagala, J. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Siagian, S. P. (2010). Manajemen sumber daya manusia. cetakan kedelapan belas. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, H. (2004). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: stie ykpn, 200.

Steers, R. M. (2005). Terj: Magdalena Jamin. Efektivitas Organisasi, Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i3.3781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id