Pengaruh Persepsi Risiko dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online Melalui Blackberry Messenger (BBM)

Venny Rizky Amelia Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi risiko dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian secara online melalui blackberry messenger (BBM). Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswi yang pernah melakukan pembeli an pakaian secara online melalui blackberry messenger (BBM) yang tidak diketahui dengan jelas jumlahnya. Data dikumpulkan dengan metode angket. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 96 responden. Data dianalisis mengunakan analisis regresi ganda. Hasil analisis pertama diperoleh nilai Fhitung = 10.750 > Ftabel = 3.090, R2 = 0.188, dan p = 0.000 yang artinya terdapat pengaruh antara persepsi risiko dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian secara online melalui Blackberry Messenger (BBM). Hasil analisis kedua diperoleh beta = - 0.193, thitung = - 2.032 > t-tabel= 1.664, dan p = 0.045 < p = 0.050 yang artinya terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara persepsi risiko dan keputusan pembelian. Hasil analisis ketiga diperoleh beta = - 0.424, thitung = - 4.461 > ttabel = 1.664, dan p = 0.000 < p = 0.050 yang artinya terdapat hubungan negatif dan sangat signifikan antara gaya hidup dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Anoraga, Bintang J. dan Iriani, Sri S. 2013. Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1, No. 4 Juli 2013, p. 985 – 995.

Atchariyachanvanich, K. dan Okada, H. 2007. How Consumer Lifestyles Affect Purchasing Behavior: Evidence from Internet Shopping in Japan. Journal of Entrepheneurship Research Vol. 2, No. 2, p. 63 – 78.

Baskara, I. P dan Haryadi, G. F. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites) (Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang. Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro Vol. 1 No. 2014, p.1 – 15.

Chaney, D. 2004. Lifestyle: Sebuah Pengantar Komperehensif. Yogyakarta: Jalasutra

Engel, J. F., Blackwell, R. D., dan Miniard, P. W. 1994. Perilaku Konsumen Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.

Featherman, dan Pavlou. 2002. Predicting E-Service Adoption: A Perceive Risk Facets Perspective. International Journal of Human-Computer Studies. Vol. 59 No. 4, p. 1034-1046.

Firdayanti, Restika. 2012. Persepsi Risiko melakukan E – Commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology 1. Vol. 1 No. 2012, p. 1 – 7.

Hadi, S. 2000. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hawkins, D., Best, R., dan Coney, K. 2001. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy 8th Edition. New York: Irwin McGraw – Hill.

Hill, W. W dan Beatty, S. E. 2011. A Model of Adolescents Online Costumer Self – Efficiacy (OSCE). Journal of Business Research. Vol. 64, p. 1025 – 1033.

Keisidou, E., Sarigiannidis, L. dan Maditinos, D. 2011. Consumer Characteristics dan Their Effect on Accepting Online Shopping, In the Context of Different Types. International Journal of Business Science and Applied Management. Vol. 6 No. 2, p. 31 – 51.

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. JakartaL PT. Indeks.

Krishnan, J. 2011. Lifesyle – A Tool for Understanding Buyer Behavior. International Joural of Economics and Management. Vol. 5, No. 1, p. 283 – 298.

Peter, Paul J. dan Olson, Jerry C. 1999. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 4. Jakarta: PT. Erlangga.

Praja, D. D. dan Damayantie, A. 2010. Potret Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Sociologie Universitas Lampung Vol. 1 No. 3, p. 184 – 193.

Prasetijo, Ristiyanti dan Ihalauw, John J.O.I. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Sathish, S. dan Rajamohan, A. 2012. Consumer Behaviour And Lifestyle Marketing. International Journal of Marketing, Financial Services, and Management Research. Vol. 1 No. 10 Oktober 2012, p.162 -166.

Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie, L. 2004. Consumer Behavior Eighth Edition: International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie L. 2007. Perilaku Konsumen. 2007. Jakarta: PT. Indeks.

Suresh, A.M., dan Shashikala, R. 2011. Identifying Factors of Consumer Perceived Risk towards Online Shopping in India”, IPEDR, 12, p.336 - 341.

Turban, Efraim., David, King., Lee, Jae., Warkentin, Merril., dan Chung, Michael H. 2002. Electronic Commerce: A Managerial Perspective. Upper Saddle N.J.: Prentice-Hall.

Wang, E. T. G., Yeh, H. Y. dan Jiang, J. J. 2006. The relative weights of Internet shopping fundamental objectives: Effect of lifestyle Differences. Psychology & Marketing, Vol. 23, No. 5, p. 353–367.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i2.3771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id