Pengaruh Iklan Politik Peserta Pemilu dan Persepsi Pemilih Terhadap Pengambilan Keputusan Ditinjau Dari Tempat Tinggal dan Jenis Kelamin

Achmad Syarief Addasuqi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan politik peserta pemilu dan persepsi pemilih terhadap pengambilan keputusan ditinjau dari tempat tinggal dan jenis kelamin. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilih pada pemilihan umum legislatif 2014 yang berjumlah 87 orang. Data dikumpulkan dengan metode angket dan dianalisis dengan menggunakanUji Anova, Uji Post-hoc, dan Uji T. Hasil analisis pertama diperoleh nilai F=0.004 dengan p=0.949 (p>0.05) yang artinya tidak terdapat pengaruh iklan politik terhadap pengambilan keputusan. Hasil analisis kedua diperoleh nilai F=4.245 dengan p=0.043 (p<0.05) yang artinya terdapat pengaruh persepsi pemilih terhadap pengambilan keputusan. Hasil analisis ketiga diperoleh nilai F=2.312 dengan p=0.106 (p>0.05) yang artinya tidak terdapat pengaruh tempat tinggal terhadap pengambilan keputusan. Hasil analisis keempat diperoleh nilai F=0.100 dengan p=0.753 (p>0.05) yang artinya tidak terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap pengambilan keputusan. Hasil analisis kelima diperoleh nilai mean difference=6.38 dengan p=0.004 (p<0.05) yang artinya terdapat perbedaan pengambilan keputusan ditinjau dari tempat tinggal. Hasil analisis keenam diperoleh nilai mean difference=0.641 dengan p=0.704 (p>0.05) yang artinya tidak terdapat perbedaan pengambilan keputusan ditinjau dari jenis kelamin.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 2006. Pencitraan dalam Politik. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Asfar, Muhammad. 2006. Pemilu dan Perilaku Memilih 1955 - 2004: Election in Indonesian. Jakarta: Pustaka Eureka.

Azwar, Saifuddin. 2004. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Behrmann, Marlene., Kimchi, Ruth. 2003. What Does Visual Agnosia Tell Us About Perceptual Organization and Its Relationship to Object Perception? Journal of Experimental Psychology Human Perception and Performance. American Psychological Association. Vol. 29. No. 1. Halaman 19–42.

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Firmanzah. 2007. Marketing Politik, Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Gunarsa & Gunarsa. 2000. Psikologi Praktis: Anak Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hasan, Iqbal. 2004. Pokok-pokok materi pengambilan keputusan. Cetakan Ke-2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2006. Pengantar Statistik; Edisi kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Komisi Pemilihan Umum. 2010. Siap Menjadi Pemilih. Jakarta: Komisi Pemilihan Umum

Lee, Monle dan Johnson, Carla. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada Media.

Lestari, Dwissa., Kahfi, Agus.S., dan Hamdan, Stephani.R. 2014. Model Pengambilan Keputusan dalam Pemilihan Umum Legislatif pada Mahasiswa Pemilih Pemula. Jurnal Prosiding Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Vol.4, No.1 Tahun 2014. ISSN: 2089-3590. Halaman 69-76

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Nimmo, Dan. 2005. Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nimmo, Dan. 2010. Komunikasi Politik, Khalayak dan Efek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaludin, 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sardar, Ziauddin., Loon, Asi Borin Van. 2008. Membongkar Kuasa Media. Yogyakarta: Resist Book.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2006. Pengantar Umum Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang

Siagian, S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.

Sidarta, GM. 2008. Strategi Pemenangan dalam Pemilihan Langsung. Jakarta: Kalam Pustaka.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soerodibroto, Soenarto. 2003. KUHP dan KUHAP Dilengkapi Yurisprudensi Mahkamah Agung Dan Hoge Raad, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suhandang, Kustadi. 2005. Periklanan, Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa.

Sundari. 2014. Dalam Survei, Media Pengaruhi Pilihan Politik. http://www.tempo.co/read/news/2014/01/14/269544683/dalam-survei-media-pengaruhi-pilihan-politik. (diakses tanggal 14 Juli 2015 pukul 02.13).

Supranto, J. M. A. 2005. Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syamsi, I, 2007. Pengambilan Keputusan dan sistem informasi. Jakarta Bumi Aksara.

Taylor, S.E., Peplau, L.A., Sears, D.O. 2009. Psikologi Sosial, edisi kedua belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thomaschke, Roland., Hopkins, Brian., Miall, R. Christopher. 2012. The Role of Cue-Response Mapping in Motorvisual Impairment and Facilitation: Evidence for Different Roles of Action Planning and Action Control in Motorvisual Dual-Task Priming. Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performances. American Psychological Association. Vol. 38. No.2. Halaman 336-349.

Triastari, Diajeng. 2011. Persepsi Iklan Politik Pada Pemilih Pemula. http://core.ac.uk/download/pdf/12350507.pdf. (Diakses pada tanggal 4 September 2015 pukul 02.15).

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i2.3769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id