Hubungan Citra Diri dan Kepuasan Konsumen Akan Merek Dengan Minat Beli Produk Bermerek Surfing

Desi Nilmala Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan citra diri dan kepuasan pelanggan dengan minat beli terhadap merek berselancar. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel dependen yaitu minat beli dan variabel independen adalah citra diri dan kepuasan pelanggan terhadap merek. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah komunitas pengguna produk berselancar sebanyak 110 orang di kota Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis uji nonparametrik Kendall. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara citra diri dengan minat beli dengan nilai Koefisien Korelasi = 0,137, p = 0,042, terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap merek dengan minat beli dengan nilai Koefisien Korelasi = 0,540 dan p = 0,000.


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (1997). Manajemen ekuitas merek. Jakarta: Spektrum.

Anderson, E., & Weitz, B. (1992). The use of pledges to build and sustain commitment in distribution channels. Journal of marketing research, 29(1), 18-34.

Assael, H. (2001). Consumer Behavior 6th Edition: ThomsonLearning. New York.

Astuti, S. W., & Cahyadi, I. G. (2007). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga (JEBA)| Journal of Economics and Business Airlangga, 17(2).

Aydin, S., & Ozer, G. (2003). How Brand to Loyalty in the Turkish Mobile Phone Market. Journal of Targeting, Measurement and Analysis Marketing, 1(6): 93-117.

Beaudoin, P., & Lachance, M. J. (2006). Determinants of adolescents' brand sensitivity to clothing. Family and Consumer Sciences Research Journal, 34(4), 312-331.

Brakus. (2009). Brand experience. Journal of Marketing. 73 (3): 52-68.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus lengkap psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Durianto. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dwityanti, E. (2008). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap layanan internet banking mandiri studi kasus pada karyawan departemen pekerjaan umum jakarta (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Engel, F. J., Roger D. B., Paul W. M. (2006). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Gerson, R. F. (2004). Mengukur kepuasan pelanggan. Pelangi Publishing Group Bhd.

Graeff, T. R. (1997). Consumption situations and the effects of brand image on consumers' brand evaluations. Psychology & Marketing, 14(1), 49-70.

Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer repurchase intention. European journal of marketing.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Mappiare. (2010). Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Rajawali Pers.

McCarthy, E. J., Perreault, W. D., Dharma, A., & Sumiharti, Y. (1975). Dasar-dasar pemasaran. Penerbit Erlangga.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90.

Putriana, Y. A. (2004). Hubungan citra diri dengan kepercayaan diri Pada remaja putri SMU 3 Jambi. Naskah Publikasi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia.

Rahma, E. S. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Rama. (2010). Citra diri. http://itjendeladuniaku.blogspot.c om/2010/02/ citra-diri.html. Diakses tanggal 13 April 2011.

Senoaji, A. B. (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Simamora, B. (2001). Memenangkan pasar dengan pemasaran efektif dan profitabel. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Solomon dan Rabolt. (2007). Custumer Behavior: Buying, Having and Being. Boston: Allyn dan Baron

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Yudiantoro, D. (2004). Analisis pengaruh Kesesuaian Diri Terhadap Kesukaan Merk dan Kepuasan. Jurnal Telaah Bisnis. Vol. 105. No. 1. p. 81-825.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i1.3756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id