Hubungan Kepercayaan Merek dan Persepsi Kualitas Dengan Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Silver International Clinic Balikpapan

Eva Monica Belopa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepercayaan merek dan kualitas yang dirasakan dengan produk kecantikan niat pembelian kembali pada pasien Silver International Clinic di Balikpapan. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel dependen khusus niat pembelian kembali dan variabel independen, kepercayaan merek dan persepsi kualitas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Ada 113 sampel yang dikumpulkan untuk penelitian ini dari pasien Silver International Clinic di Balikpapan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis Kendall's tau nonparametric test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kepercayaan merek dan niat pembelian kembali dengan nilai Koefisien Korelasi = 0,189, p = 0,004, dan ada juga hubungan positif dan signifikan antara persepsi kualitas dan niat pembelian kembali dengan nilai koefisien korelasi. = 0,155 dan p = 0,020.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (1997). Manajemen ekuitas merek. Jakarta: Spektrum.

Albari, A., & Liriswati, A. (2004). Analisis Minat Beli Konsumen Sabun Cair Lux, Biore dan Lifebuoy di Kotamadya Yogyakarta Ditinjau Dari Pengaruh Sikapnya Setelah Melihat Iklan Di Televisi dan Norma Subyektif. Jurnal Siasat Bisnis, 2(9).

Bei, L. T., & Chiao, Y. C. (2001). An integrated model for the effects of perceived product, perceived service quality, and perceived price fairness on consumer satisfaction and loyalty. Journal of consumer satisfaction, dissatisfaction and complaining behavior, 14, 125.

Chang, L. Y. (2010). The influence of consumer’s emotional response and social norm on repurchase intention: A case of cigarette repurchase in Taiwan.

Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: the role of brand loyalty. Journal of marketing, 65(2), 81-93.

Delgado‐Ballester, E. (2004). Applicability of a brand trust scale across product categories. European Journal of Marketing.

Durianto. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Euromonitor International, (2013), Beauty and Personal Care in Indonesia, http://www.euromonitor.com/beauty-andpersonal-care-in-indonesia/report.

Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Friedman, H. S., & Schustack, M. W. (2008). Kepribadian: Teori klasik dan riset modern.

Grebitus, C., Yue, C., Bruhn, M., & Jensen, H. H. (2007). Milk-marketing: impact of perceived quality on consumption patterns (No. 690-2016-47304, pp. 215-232).

Hawkins, D. I., Mothersbaugh, D. L., & Best, R. J. (2007). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York: McGraw Hill Company Inc.

Hermawan, K. (2010). Brand Operation the Official MIM Academy course book. Jakarta: Esesnsi Erlangga Group.

Kitchathorn, W. (2010). Factors Influencing Customer Repurchase Intention: An Investigation of Switching Barriers that Influence the Relationship between Satisfaction and Repurchase Intention in the Low-cost Airlines Industry in Thailand (Doctoral dissertation, University of South Australia).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.

Lau, Gale dan Lee, S. (2000). Costumer Trust in a Brand and Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, vol 4, pp. 341-70.

Lestari, Prescilia Nani. (2012). Pengaruh Iklan, Brand Trust dan Brand Image terhadap Minat Beli Ulang Konsumen WiGo 4G WiMax Berca Hardayaperkasa di kota Balikpapan. Jurnal Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of marketing, 58(3), 20-38.

Murti, W. W. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. VALUE ADDED| MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS, 8(2).

Nowlis, S. M., & Simonson, I. (1996). The effect of new product features on brand choice. Journal of marketing research, 33(1), 36-46.

Ryan, N. A. (2002). In Brands We Trust: A Case Study of the Trust for International Brands in Sweden (Doctoral dissertation, Graduate Business School).

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sirdeshmukh, D., Singh, J., & Sabol, B. (2002). Consumer trust, value, and loyalty in relational exchanges. Journal of marketing, 66(1), 15-37.

Simamora, B. (2003). Membongkar kotak hitam konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Stevany, G. (2014). Analisis Produk Private Label Merek Kato Mempengaruhi Persepsi Kualitas Produk dan Berdampak Pada Keputusan Pembelian di PT. Anugerah Kasih Sejati. Jurnal managemen.

Sugiyono. (2006). Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh, Bandung: CV. Alfabeta.

Sukotjo, H., & Radix, S. A. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 216-228.

Suprapti, L., & IDRIS, I. (2010). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, Organizational Association, Dan Perceived Quality Terhadap keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pemilik Sepeda Motor Yamaha Mio CW di Harpindo Semarang) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Susan, M. (2005). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Nilai Jasa Pendidikan Tinggi Dengan Kepercayaan Mahasiswa Sebagai Variabel Perentara. In Proceeding Seminar Nasional PESAT.

Tjiptono, F. (2005). Brand management & strategy. Yogyakarta: Andi.

Wisnalmawati. (2005). Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3 Jilid 10 2005, h.153 165.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i1.3755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id