Hubungan Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Siswa SMP Bhakti Loa Janan

Rohana Rohana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku curang pada siswa SMP Bhakti Loa Janan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 55 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala, yaitu perilaku kecurangan skala, self-efficacy dan skala kesesuaian rekan dengan model skala Likert. Data dianalisis dengan model regresi dan model secara bertahap diisi dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 16.0 untuk Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan sangat signifikan antara self efficacay dan teman sebaya terhadap perilaku menyontek siswa SMP Bhakti Loa Janan dengan r = 0,574 dan p = 0,000. Kemudian hasil analisis regresi menunjukkan bahwa model tersebut secara bertahap tidak ada hubungan antara self-efficacy dengan perilaku menyontek dengan beta = -0010, t = -0,067 dan p = 0,947. Kemudian sesuai dengan perilaku cheat rekan-rekan mereka memiliki positif dan sangat signifikan dengan beta = 0,580, t = 3,981 dan p = 0,000.

Full Text:

PDF

References


Anderman, E. M., & Midgley, C. (2004). Changes in self-reported academic cheating across the transition from middle school to high school. Contemporary Educational Psychology, 29(4), 499-517.

Anderman, E. M., & Murdock, T. B. (Eds.). (2011). Psychology of academic cheating. Elsevier.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Jakarta. Rineka Cipta.

Astuti, M. W. Self Efficacy dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA-Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1).

Baron, R. A., & Bryne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2 (Penerjemah: Djuwita, R. dkk). Jakarta: Erlangga.

Finn, K. V., & Frone, M. R. (2004). Academic performance and cheating: Moderating role of school identification and self-efficacy. The journal of educational research, 97(3), 115-121.

Friedman, H. S., & Schustack, M. W. (2006). Psikologi Kepribadian (teori Klasik dan Riset Modern) jilid 2. Jakarta: Erlangga (terjemahan).

Nora, W. L. Y., & Zhang, K. C. (2010). Motives of cheating among secondary students: The role of self-efficacy and peer influence. Asia Pacific Education Review, 11(4), 573-584.

Poerwadarminta, W. J. S. (1998). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “self efficacy” dengan perilaku mencontek mahasiswa psikologi. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 28(1), 103-111.

Purwono, H. (2014). Pengaruh Handphone dan Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Perilaku Menyontek. Educatio Vitae, 1(1).

Santrock, J. W. (2002). Life span development: Perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga, 31.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga, 422-4.

Santrock Jhon, W. (2007). Remaja Edisi 11 Jilid 2.

Sari, I. (2013). Locus of Control dan Perilaku Menyontek serta Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling (Studi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Padang Ganting). Konselor, 2(1).

Sears, D. O., Freedman, J. L., Peplau, L. A., & Adryanto, M. (1985). Psikologi sosial. Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, R. (2013). Siswa Mencontek Di Ujian Nasional. (tv.okezone.com/play/43223/siswa-mencontek-di-ujian-nasional) diunduh 28 April 2014.

Taylor E. S., Peplau. A. L., Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial edisi 12. (terjemahan. Wibowo. B. S. T) Jakarta: Kencana.

Widanarti, N., & Indati, A. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal psikologi, 29(2), 112-123.

Wryobeck, J. M., & Whitley Jr, B. E. (1999). Educational value orientation and peer perceptions of cheaters. Ethics & Behavior, 9(3), 231-242.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i1.3754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id