Hubungan Antara Minat Baca Dengan Kreativitas Verbal Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2013 Universitas Mulawarman Samarinda

Rione Aditya

Abstract


Kreativitas verbal pada diri mahasiswa berawal dari adanya minat mahasiswa dalam membaca dapat meningkatkan tingkat intelegensi yang diperlukan dalam proses belajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara minat baca dengan kreativitas verbal pada mahasiswa Program Studi Psikologi angkatan 2013 Universitas Mulawarman. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Psikologi angkatan 2013 dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang mahasiswa. Alat ukur penelitian menggunakan skala kreativitas verbal dan minat baca. Kedua skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan analisis statistiknya menggunakan komputer dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil analisis statistik korelasi produk momenmenunjukan nilai r = 0.517 dan p = 0.000< 0.05 yang bermakna, terdapat hubungan positif antara minat baca dengan kreativitas verbal pada mahasiswa Program Studi Psikologi angkatan 2013 Universitas Mulawarman.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayan, J. B. (2002). Bengkel Kreativitas. Bandung: Kaifa.

Azwar, S. (1999). Penyusunan skala psikologi. Pustaka pelajar.

Gardner, H., & Gardner, E. (2008). Art, mind, and brain: A cognitive approach to creativity. Basic Books.

Kusumah, I. (2005). Identitas Mahasiswa Sebuah Konsekuensi [On-line] AvailableFTP:http://www.pikiranrakyat.com/cetak/2005/0105/18/1105.htm. Tanggal akses: November 2006.

Nur, A. M. (2008). http://klinis.wordpress.com,kreativitas-verbal/ Akses: 22 November 2008.

Nursito. (2000). Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gama Media.

Pamungkas, D. (2004). Minat dan Kebiasaan Baca Mahasiswa. Jurnal Vidya Karya.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rahim, F. (2005). Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Riyadi. (2002). Efektivitas Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kreativitas Verbal pada Masa Anak Sekolah. Surakarta: UMS.

Rismiati, K. A. & Mulandari, N. (2005). Efektivitas Membaca Cerita Fiksi terhadap Peningkatan Kreativitas Verbal pada Masa Anak Sekolah. Edisi Revisi 8. Jurnal Insight. 01, 3-18.

Sudiana. (2004). Pengembangan Minat Baca di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja.

Sugiyono, (2008). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. ISBN 979-386-910-4.

Winarsunu, T. (2002). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Zulkarnain & Ginting, D. J. (2003). Kreativitas Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Nusantara. 36 (4), 176-180.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i1.3750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id