Kepuasan Pernikahan Pada Wanita yang Dijodohkan Oleh Orang Tua

Ulva Restu Habibi

Abstract


Setiap wanita bermimpi mempunyai rumah tangga yang bahagia, kepuasan pernikahan merupakan tujuan dari semua wanita yang telah menikah. Pernikahan bukan saja terjadi karena atas dasar suka sama suka, namun bisa juga karena dijodohkan. Kepuasan pernikahan terjadi karena adanya peran diri dan pasangan yang mereka jalankan dalam pernikahan, tidak menutup kemungkinan bahwa saat menikah seseorang harus mampu menghadapi perubahan-perubahan peran yang ada. Bila mampu menyesuaikan diri dan mempunyai pasangan yang tepat maka sebuah kepuasan pernikahan akan tercapai, namun tentu saja kegagalan dalam perjodohan pada wanita dalam mencapai sebuah kepuasan pernikahan selalu ada pada beberapa pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepuasan pernikahan pada wanita yang dijodohkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik snowball sampling yaitu dengan mencari informan kunci. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga informan kunci. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pernikahan terjadi dikarenakan terpenuhinya aspek-aspek dalam kepuasan pernikahan itu sendiri. Dari hasil penelitian subjek pertama dan kedua mengalami kepuasan pernikahan karena telah terpenuhinya aspek-aspek dari kepuasan pernikahan tersebut, namun berbeda dengan subjek ketiga yang mengalami ketidakpuasan dalam pernikahannya. Hal ini disebabkan karena tidak adanya komunikasi dua arah yang baik dan tidak adanya upaya dari pasangan subjek untuk memperbaiki hubungan. Masalah tersebut diperparah lagi dengan masuknya campur tangan mertua subjek yang memegang kendali dalam keuangan rumah tangga mereka.

Full Text:

PDF

References


Burgess, E. W., & Locke, H. J. (1960). The family: From institution to companionship (2nd Ed). New York: American Book Company.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus lengkap psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Genova, D., & Rice, F. (2008). Intimate Relationship, Marriage and Families (5th Ed). New York: McGraw Hill.

Ginanjar, A. (2002). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosional dan spiritual ESQ. Jakarta: Arga.

Laswell, J. T., & Laswell, T. (2002). Marriage and The Family. California: California Publishing Company.

Lailiyah, H. (2012). Hubungan antara tingkat kematangan emosi dengan tingkat kepuasan pernikahan pada perempuan yang dijodohkan di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Jurnal psikosains, 4 (1), 59-79.

Lamanna, M. A., & Riedmann, A. (2009). Marriages and families: Making choices in a diverse society. Belmont: Wadsworth.

Minichiello, V., Sullivan, G., Greenwood, K., & Axford, R. (Eds). (2004). Handbook of research method for nursing and health sciences. French Forest: Prentice Hall.

Olson, H. D., & DeFrain, J. (2010). Marriages and Families Intimacy, Diversity, and Strengths (7th Edition). New York: McGraw-Hill Pub-lishers.

Poerwandari, E. K. (2007). Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: Pendidikan Psikologi (PSP3) UI.

Patton, M. Q. (2014). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. California: Sage publications.

Pinsof, W. M., & Lebow, J. L (2005). Famil psychology. Inggris: Oxford University Press.

Retnowati, S., & Pujiastuti, E. (2004). Kepuasan pernikahan dengan depresi pada kelompok wanita menikah yang bekerja dan yang tidak bekerja. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 1 (2), 24553.

Santrock, J. W. (2002). Life span development (terjemahan Chusairi & Damanik). Jakarta: Erlangga.

Zaidi, A. U., & Shuraydi, M. (2002). Perceptions of arranged marriages by young Pakistani muslim women living in a western society. Journal of Comparative Family Studies, 33 (4), 495-514.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id