Hubungan Gaya Hidup dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda

Pulyadi Haryono

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan gaya hidup dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja di SMAN 5 Samarinda. Perilaku konsumtif adalah perilaku yang tidak lagi berdasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf yang sudah tidak rasional lagi. Gaya hidup adalah cara seseorang menjalani hidupnya yang meliputi aktivitas, minat, dan pendapat. Konformitas adalah perubahan sikap dan perilaku individu sesuai dengan aturan yang dibentuk kelompok agar individu dapat diterima dan dipertahankan di dalam kelompok tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 152 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu perilaku konsumtif, gaya hidup dan konformitas. Analisa data yang digunakan adalah analisa regresi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan gaya hidup dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja di SMAN 5 Samarinda dengan r = 0.894 dan p = 0.000. Kemudian dari hasil analisis regresi bertahap didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan anatara gaya hidup dengan perilaku konsumtif dengan beta = 0.059, t = 2.208, dan p = 0.029. Kemudian pada konformitas dengan perilaku konsumtif terdapat hubungan dengan beta = 0.947, t = 35.415, dan p = 0.000.

Full Text:

PDF

References


Anastasia, H. (2004). Pengaruh konsep diri terhadap kompetensi interpersonal pada remaja putra dan putri di SMU 3 Salatiga. Psikowacana, 3 (2), 1-15.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (terjemahan Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga.

Carmen. (2008). Considerations about group influences on consumer behavior. Craiova: Faculty of Economiy and Business Administration.

Dacey, J., & Kenny M. (1997). Human development second edition. United State of America: Times Mirror Higher Education Group Inc.

Engel, B. M. (1995). Consumer Behavior (8th Ed). USA: The Dryden Press.

Hamdan. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2 (2), 79-86.

Hawkins, B. M. (2007). Consumer behavior, building marketing strategy. (10th Edition). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (terjemahan Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial (Jilid 1 Edisi ke-10). Jakarta: Salemba Humanika.

Mönks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: UGM Press.

Prabawa, S. T. (2002). Perilaku konsumen tinjauan aspek budaya. Fokus Ekonomi, 1 (1), 28-37.

Rosandi, A. F. (2004). Perbedaan perilaku konsumtif antara mahasiswa pria dan wanita di Universitas Katolik Atma Jaya. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Atma Jaya, Jakarta.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja Edisi 6 (terjemahan Shinto B. Adelar & Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S W. (2002). Psikologi sosial: individu dan Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen. Bogor: Kencana.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. (2001). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyasa, P., & Francisca. (2005). Perbandingan perilaku konsumtif berdasarkan metode pembayaran. Jurnal Phronesis, 7 (2), 172-198.

Zebua, A. S., & Nurdjayadi, R. D. (2001). Hubungan antara konformitas dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Jurnal Phronesis, 3 (6), 72-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id