Hubungan Dukungan Sosial dan Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi

Hendrianur Hendrianur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan regulasi diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2007-2008 sebanyak 86 mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan skala dukungan sosial, skala regulasi diri dan skala prokrastinasi. Teknik analisa data menggunakan uji regresi berganda dan uji regresi multivariat.         Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda diperoleh nilai p = 0.012 < 0.05 dan nilai F = 4.630 serta R2 sebesar 0.100 artinya terdapat hubungan dukungan sosial dan regulasi diri dengan prokrastinasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2007-2008 Universitas Mulawarman. Analisis regresi bertahap terbagi menjadi dua hipotesis (1) terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan prokrastinasi dengan nilai beta = -0.219, t = -2.102, dan p = 0.039 < 0.05. (2) terdapat hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi dengan nilai beta = 0.213, t = 2.039, dan p = 0.045 < 0.05. Kemudian dengan uji regresi multivariat diperoleh hasil faktor motivasional memiliki pengaruh dengan dua faktor lain: (1) faktor penundaan untuk memulai dengan F = 5.852, R2 = 0.065 dan p = 0.018 < 0.05. (2) faktor aktifitas lain dengan F = 7.600, R2 = 0.083 dan p = 0.007 < 0.05. Kemudian faktor penilaian harga diri juga memiliki pengaruh dengan dua faktor, yaitu (1) faktor kelambanan dengan F = 10.153, R2 = 0.108 dan p = 0.002 < 0.05. (2) faktor kesenjangan waktu F = 4.988, R2 = 0.056 dan p = 0.028 < 0.05.

Full Text:

PDF

References


Ackerman, D. S., & Gross, B. L. (2005). My instructor made me do it: Task characteristics of procrastination. Journal of Marketing education, 27 (1), 5-13.

Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2011). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi: Pitutur, 1 (2), 65-71.

Akinsola, M. K., Tella, A., & Tella, A. (2007). Correlates of academic procrastination and mathematics achievement of university undergraduate students. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (4), 363-370.

Alexander, E. S., & Onwuegbuzie, A. J. (2007). Academic procrastination and the role of hope as a coping strategy. Personality and individual differences, 42 (7), 1301-1310.

Baumeister, R. F., Gailliot, M., DeWall, C. N., & Oaten, M. (2006). Self‐regulation and personality: How interventions increase regulatory success, and how depletion moderates the effects of traits on behavior. Journal of personality, 74 (6), 1773-1802.

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2007). Procrastination: Why you do it, what to do about it now. Hachette UK.

Darmono, A., & Hasan, A. M. (2005). Menyelesaikan skripsi dalam satu semester. Jakarta: PT Grasindo.

Ferrari, J. R. (2001). Procrastination as self‐regulation failure of performance: effects of cognitive load, self‐awareness, and time limits on ‘working best under pressure’. European journal of Personality, 15 (5), 391-406.

Ferrari, J. R. (2010). Still procrastinating: The no regrets guide to getting it done. New Jersey: John Wiley & Sons.

Ferrari, J. R., & Tice, D. M. (2000). Procrastination as a self-handicap for men and women: A task avoidance strategy in a laboratory setting. Journal of Research in personality, 34 (1), 73-83.

Hadi, S. (2000). Metodologi research.Yogyakarta: Andi Offset.

Heckhausen, J., & Heckhausen, H. (Eds.). (2008). Motivation and action (Vol. 22). New York: Cambridge University Press.

Newstrom, J. W. (2007). Organizational Behavior Human Behavior at Work (12th Ed). New York: Richard D. Irwin. Inc.

Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (2006). Educational psychology: Developing learners (4th Ed). New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Pangestuti, R. (2003). Penundaan menyelesaikan skripsi (studi kasus pada beberapa mahasiswa angkatan 1996 program studi psikologi fakultas kedokteran Universitas Diponegoro (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Diponegoro, Semarang.

Popoola, B. I. (2005). A study of the relationship between procrastinatory behaviour and academic performance of undergraduate students in a Nigerian University. African Symposium: An Online Journal of Educational Research Network. In the African Symposium: An Online Journal of African Educational Research (p. 60).

Prawitasari, J. (2012). Psikologi terapan melintas batas disiplin ilmu. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E. P. (2006). Health psychology: Biopsychosocial interaction. USA: John Wiley & Sons.

Sirois, F. M. (2004). Procrastination and intentions to perform health behaviors: The role of self-efficacy and the consideration of future consequences. Personality and Individual differences, 37 (1), 115-128.

Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1 (2), 118-126.

Supraba, D. (2012). Hubungan Motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir fakultas pendidikan psikologi Universitas Negeri Malang (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang, Malang.

Susanto, H. (2006). Mengembangkan kemampuan self regulation untuk meningkatkan keberhasilan akademik siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7 (5), 64-71.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tetan, M. J. (2013). Hubungan antara self-esteem dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2010 fakultas psikologi Universitas Surabaya. Calyptra, 2 (1), 1-17.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2003). Educational psychology: A century of contributions: New Jersey: Erlbum.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id