Hubungan Antara Persepsi Terhadap Tugas Akademik dan Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru Dengan Regulasi Diri Siswa Program Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Negeri 10 Samarinda

Puspita Anggraeni

Abstract


Program Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah salah satu bentuk perkembangan globalisasi dalam pendidikan. OSN bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam bidang sains dan matematika agar mampu bersaing di dunia internasional. Dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah terjadi hubungan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dan persepsi siswa terhadap tugas akademik yang secara langsung mempengaruhi regulasi diri siswa dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap tugas akademik dan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan regulasi diri siswa program OSN SMA Negeri 10 Samarinda. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 10 Samarinda berusia 15-18 tahun sebanyak 116 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga alat ukur, yaitu Skala Regulasi Diri (47 aitem valid, rix=0,000 - 0,0046, α=0,777), Skala Persepsi Terhadap Tugas Akademik (56 aitem valid, rix=0,000-0,035, α=0,902), dan Skala Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru (48 aitem valid, rix=0,000-0,039, α=0,903). Analisis data menggunakan teknik regresi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut (1) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap tugas akademik dan regulasi diri (rxy=0,581, p=0,000, dan sumbangan efektif 33,8%), (2) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan regulasi diri (rxy=0,576, p=0,005, dan sumbangan efektif 32,2%), (3) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap tugas akademik dan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan regulasi diri (rxy=0,583, p=0,000, dan sumbangan efektif 34,0%).

Full Text:

PDF

References


Baron, R. A., Byrne, D. (2004). Psikologi sosial (terjemahan Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga.

Dimyati. M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif: suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar (Edisi II). Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu komunikasi: teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ilin, G., Inözü, J., & Yumru, H. (2007). Teacher’s and learner’s perceptions of task: objectives and outcomes. Journal of Theory and Practice in Education, 3 (1), 60-68.

Lahey, B. (2012). Psychology an intruduction (11th Edition). New York: The McGrow Hill Companies, Inc.

Neal, D. J., & Carey, K. B. (2005). A follow up psychometric analysis of the self regulation questionnaire. Psychology Addictive Behavior, 19 (4), 414–422.

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Rakhmat, J. (2009). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Santoso, E. L., & Prianto, S. (2006). Kamus lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Terbit Terang.

Santrock, J. W. (2007). Remaja (Jilid 2 Edisi Kesebelas). Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan (Edisi ke-2). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemantrie, H. (2007). Sekolah/madrasah bertaraf internasional (penyelenggaraan dan penjaminan mutu). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13, 1-29.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Woolfolk, A., & Shaughnessy, M. F. (2004). An interview with Anita Woolfolk: The educational psychology of teacher efficacy. Educational Psychology Review, 16 (2), 153-176.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2011). Handbook of self-regulation of learning and performance. Routledge/Taylor & Francis Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id