Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Regulasi Diri Pada Maha-siswa yang Kuliah Sambil Bekerja di Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman Samarinda

Fransiska Lerek

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya terhadap pengaturan diri pada mahasiswa saat bekerja di Program Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini didasarkan pada tiga variabel yang melekat variabel yaitu regulasi diri dan variabel bebas yaitu motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya. Teknik pengambilan sampel yang ditentukan adalah dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa saat bekerja di program ekonomi syariah fakultas sains sosial dan politik mulawarman universitas samarinda yang dapat dikumpulkan sekitar 80 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi analisis berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh antara motivasi belajar dan pengaturan diri dengan t = -1,164 dan p = 0,248, tidak ada pengaruh antara dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri dengan t = 0,432, dan p = 0,667, ada tidak ada pengaruh antara motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri dengan F = 0,689, dan p = 0,505.

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. (2002). Perkembangan remaja menurut pendekatan ekologi serta hubungannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Jurnal Psikologi Perkembangan, 9 (1), 13-21.

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UPT. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Baron, R. A., Byrne, D. (2004). Psikologi sosial (terjemahan Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga.

Boeree, C. G. (2004). Personality theories: Melacak kepribadian anda bersama psikolog dunia (terjemahan Insyiak Ridwan Muzir). USA: Shippensburg University.Yogyakarta: Primasophie.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewall, C. N., Baumeister, R. F., Stillman, T. F., & Gailliot, M. T. (2007). Violence restrained: effects of self-regulation and its depletion on aggression. Journal of Experimental Social Psychology, 43 (1), 62-76.

Cervone, D., & Pervin, L. A. (2012). Kepribadian: Teori dan penelitian (terjemahan Aliya Tusyani). Jakarta: Salemba Humanika.

Elling, S. R., & Elling, T. W. (2000). The Influence Of Work On College Student Development. Naspa Journal, 37 (2), 454-470.

Hamalik, O. (2003). Prosedur belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Howse, R. B., Lange, G., Farran, D. C., & Boyles, C. D. (2003). Motivation and self regulation as predictors of achievment in economically disadvantaged young children. The Journal of Experimental Education, 77 (2), 151-174.

Hurk, M. V. D. (2006). The relation between self-regulated strategies and individual study time, prepared participation and achievement in a problem based curriculum. Active Learning in Higher Education, 7 (2), 155-169.

Kail, R. V., & Cavanaugh. J.C. (2000). Human development: A life span view (2nd Ed). New York: Wadsworth Thomson Learning.

Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nashar, H. (2004). Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Neal, D. J., & Carey, K. B. (2005). A follow up psychometric analysis of the self-regulation questionnaire. Psychology of addictive behav-iors, 19 (4), 414-422.

Nursalam, D. K., & Dian, N. (2007). Asuhan keperawatan pada pasien terinfeksi HIV. Jakarta: Salemba Medika.

Orszag, J. M., Orszag, P. R., & Whitmore, D. M. (2001). Learning and earning: Working in college. Journal of Student Employment, 10 (1), 1-19.

Purwanto, M. (2000). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmah, N. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J. W. (2002). Life span development (terjemahan Chusairi & Damanik). Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan (Edisi ke-2). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarafino, E. P. (2006). Health psychology: Biopsychosocial interaction. USA: John Wiley & Sons.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2002). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1 (2), 118-126.

Weiten, W., Dunn, D. S., & Hammer, E. Y. (2009). Psychology applied to modern life: Adjustment in the 21st century. USA: Cengage Learning.

Winkel, W. S. (2009). Psikologi pengajaran. Jakar-ta: Media Abadi.

Wlodkowski, R. J., & Jaynes, J. H. (2004). Motivasi belajar (terjemahan Chairul Annam). Jakarta: Cerdas Pustaka.

Yukselturk, E., & Bulut, S. (2009). Gender differences in self-regulated online learning environment. Journal of Educational Technology & Society, 12 (3), 12-22.

Zimmerman, B. J. (2008). Investigating self-regulation and motivation: Historical background, methodological developments, and future prospects. American educational research journal, 45 (1), 166-183.

Zimmerman, B. J. (2000). Attaining self-regulation: A social cognitive perspective. In Handbook of self-regulation. San Diego: Academic Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id