Hubungan Citra Diri dan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri yang Memakai Kosmetik Wajah

Devya Devya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara citra diri dan perilaku konsumen pada remaja putri yang memakai kosmetik wajah di Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel: variabel dependen dan variabel independen perilaku konsumen yaitu citra diri. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala. Sampel dalam penelitian ini adalah wanita muda yang memakai kosmetik wajah di Samarinda sebanyak 50 orang menggunakan metode purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik korelasi product moment. Penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara citra diri dan perilaku konsumen dengan r = 0,111 dan p = 0,444.

Full Text:

PDF

References


Arsy, M. (2006). Kebutuhan atau gaya hidup konsumtif. Jakarta: Gramedia.

Burns, R. B. (1993). Konsep diri, pengukuran, perkembangan dan perilaku (terjemahan Eddy). Jakarta: Arcan.

Fransisca., & Suyasa, P. T. (2005). Perbandingan perilaku konsumtif berdasarkan metode pembayaran. Phorenesis, 7 (2), 172-199.

Hamdan. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2 (2), 79-86.

Jersild, A. T., Brook, J. S., & Brook, D. W. (1978). The psychology of adolescence. New York: Macmillan Publisher.

Kotler, P., Armstrong, G. M. (2003). Dasar-dasar pemasaran Edisi ke-5 Cetakan pertama (terjemahan Wilhelmus W Bakowatun). Jakarta: Intermedia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Ke-12 Jilid ke-1 (terjemahan Bob Sabaran). Jakarta: Erlangga.

Kristo, T. M. (2010). Andalah para orang tua motivator terbaik bagi remaja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Lama, D., & Cutler, H. C. (2000). Seni Hidup Bahagia. Jakarta: Gramedia.

Leo, E. (2006). Kesembuhan emosional. Jakarta: Metanoia Publishing.

Lina, L., & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2 (4), 5-14.

Mahdalena. (1998). Peran intensitas interaksi dengan temuan di lingkungan pergaulan sekolah terhadap sikap konsumtif. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Mönks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: UGM Press.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja Edisi 6 (terjemahan Shinto B. Adelar & Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Surbakti, E. B. (2013). Awas tayangan televisi. Elex Media Komputindo. Sumartono. (2002). Ter-perangkap dalam iklan: meneropong imbas iklan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Surya, H. (2007). Percaya diri itu penting. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sutoyo, A. (2000). Kiat sukses prof. hembing. Jakarta: Gema Insani.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (1997). Manajemen pemasaran: analisa perilaku konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Wibowo, H. (2007). Fortune favors the ready: Keberuntungan berpihak kepada orang-orang yang siap. Bandung: Oase Mata Air Makna.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id