Subjective Well-Being Pada Relawan Skizofrenia Yayasan Sosial Joint Adulam Ministry (JAM) Di Samarinda

Elisha Maris Tobing

Abstract


Penelitian mengenai subjective well-being ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kesejahteraan subjektif pada relawan yang mengabdi untuk orang-orang skizofrenia. Relawan skizofrenia di Yayasan Joint Adulam Ministry (JAM) adalah orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk melayani dan membantu pasien-pasien skizofrenia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif berdasarkan teori subjective well-being yang dikemukakan oleh Diener. Teori terdiri dari kepuasan hidup (life satisfaction) dan kepuasan domain (domain satisfaction) dan dimensi afektif meliputi afek positif dan afek negatif. Responden diambil berdasarkan konstruk operasional (theory based/operational construct sampling). Metode pengumpulan data adalah metode wawancara mendalam (in depth interview), dengan tiga subjek penelitian yang merupakan relawan Yayasan Sosial Joint Adulam Ministry (JAM) di Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga subjek memiliki gambaran subjective well-being atau kesejahteraan subjektif yang berbeda. Pada subjek RT, ia merasakan afek negatif seperti rasa sedih karena harus tinggal terpisah dengan suaminya dan rasa jenuh akan posisinya sebagai relawan. Namun ia lebih banyak merasakan afek positif di beberapa domain lain sehingga menutupi rasa ketidakpuasan pada domain-domain tertentu. Pada subjek TN ia merasakan lebih banyak afek negatif daripada afek positif dalam domain kepuasan. TN merasa kurang bahagia atau merasakan banyak afek negatif karena harapan-harapannya belum tercapai. Mengabdi di Yayasan JAM menjadi penyebab subjek belum dapat mewujudkan impiannya. Pada subjek IT, dalam domain diri sendiri ia menyatakan belum puas pada hidupnya saat ini. IT mengungkapkan bahwa saat menjadi relawan di JAM, ia belum mencapai hidup yang ideal karena menjalani pernikahan jarak jauh (Long Distance Marriage). Meskipun demikian, disamping dua domain tersebut subjek merasakan banyak afek positif dan secara keseluruhan merasa bahagia atas hidupnya.

Full Text:

PDF

References


Carr, A. (2004). Positive psychology: the science of happiness and human strengths. New York: Brunner Routledge.

Compton, W. C. (2005). An introduction to postive psychology. California: Thomson Wadsworth.

Damanik, J. (2011). Menuju pelayanan sosial yang berkeadilan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 15 (1), 1-14.

Departemen Pendidikan Indonesia. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Diener, E., Suh, E., & Oishi, S. (1997). Recent find-ings on subjective well-being. Indian journal of clinical psychology, 24 (1), 25-41.

Diener, E., Larsen, R. J., Levine, S., & Emmons, R. A. (1985). Intensity and frequency: dimensions underlying positive and negative affect. Journal of personality and social psychology, 48 (5), 1253-1256.

Greenbreg, F. & Baron, R. A. (1995). Behavior in organization, understanding and managing the human side of work. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Schaufeli, W. B., & Buunk, B. P. (2003). Burnout: An overview of 25 years of research and theorizing. The handbook of work and health psychology, 2 (1), 282-424.

Seligman, M. P. (2004). Authentic happiness: using the new positive psychology to realize your potential for lasting fullfillment. New York: Free Press.

Suharto, E. (2007). Kebijakan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Rahardjo, W. (2007). Kebahagiaan sebagai suatu proses pembelajaran. Jurnal Penelitian Psikologi, 12 (2), 127-137.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id