Perbedaan Kepuasan Perkawinan Pada Wanita Suku Bugis, Jawa, dan Banjar di Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan

Fitriah Ardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan kepuasan perkawinan pada wanita suku Bugis, Jawa, dan Banjar. Subjek penelitian ini adalah wanita yang telah menikah dengan suku Jawa, Bugis, dan Banjar di kecamatan Balikpapan Selatan, kota Balikpapan yang berjumlah 60 orang. Data ini dikumpulkan dengan skala kepuasan perkawinan dengan model skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan Anova dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kepuasan perkawinan pada wanita suku Bugis, Jawa, dan Banjar di Kecamatan Balikpapan Selatan, kota Balikpapan dengan nilai Ftabel > Fhitung = 3.158 > 1.771 dan p = 0.179. Pada variabel isu-isu kepribadian, komunikasi, pemecahan masalah, manajemen finansial, kegiatan di waktu luang, anak-anak dan pengasuhan, keluarga dan teman-teman, dan orientasi agama juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan. Namun, pada aspek kesamaan peran menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepuasan perkawinan pada wanita suku Bugis, Jawa, dan Banjar.

Full Text:

PDF

References


Abdussami, H. (2009). Budaya Banjar dan nilai-nilai demokrasi. Jurnal Komunitas, 3 (1), 1-10.

Bratawidjaja, T. W. (2000). Upacara tradisional masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. Ban-dung: Remaja Rosdakarya.

Fowers, B. J., & Olson, D. H. (1989). Enrich Mari-tal Inventory: A discriminant validity and cross validation assessment. Journal of marital and family therapy, 15 (1), 65-79.

Gunarsa, S. D. (2011). Konseling dan psikoterapi (Cetakan ke-4). Jakarta: Gunung Mulia.

Hidayat, Y. (2013). Hubungan sosial antara Etnis Banjar dan Etnis Madura di Kota Banjarmasin. Jurnal Komunitas, 5 (1), 87-92.

Ideham, M. S. (2005). Urang Banjar dan Kebudayaannya. Banjarmasin: Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Koentjaraningrat. (1999). Manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan

Komandoko, G. (2010). Ensiklopedia pelajar dan umum. Jakarta: PT. Buku Kita.

Laswell, J. T., & Laswell, T. (2002). Marriage and the family. California: Publishing Company.

Lestari, P. (2009). Antropologi 2: Untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Matlin, M. W. (2008). The psychology of women. USA: Thomson Wardsworth.

Mame, A. R. (1978). Adat dan upacara perkawinan daerah Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan: Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development (terjemahan Brian Marwensdy). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadarjoen, S. S., & Herlina, R. (2005). Konflik Marital: pemahaman konseptual, aktual dan alternatif solusinya. Bandung: Refika Aditama.

Salim, C. (2010). Gambaran faktor-faktor kepuasan perkawinan istri bekerja yang suaminya tidak bekerja (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Ban-dung: Alfabeta.

Walgito, B. (2004). Bimbingan dan konseling perkawinan. Yogyakarta: Andi Offset.

Wekke, I. S. (2012). Islam dan adat dalam pernikahan masyarakat bugis di Papua Barat. Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, 13 (2), 308-335.

Wismanto, B. (2011). Dinamika kepuasan perkawinan pasangan suami-istri dalam masyarakat Jawa. Inquiry: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (1), 1-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id