Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang

Siti Rokhimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada Siswa SMA. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang sebanyak 50 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan skala dukungan sosial, skala efikasi diri, dan skala minat melanjutkan pendidikan dengan model skala likert. Data yang dikumpul dianalisis dengan uji regresi dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang dengan nilai Fhitung = 10.476, Ftabel = 0.042, R2 = 0.308, dan p = 0.000. Kemudian dari hasil analisis regresi bertahap didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara dukungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan dengan beta = 0.299, thitung = 2.242, ttabel = 2.012, dan p = 0.030. Kemudian pada efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan memiliki pengaruh yang positif yang signifikan dengan beta = 0.361, thitung = 2.713, ttabel = 2.012, dan p = 0.009.

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Jurnal Humanitas, 8 (1).

Astria, T. (2006). Hubungan antara Self Efficacy dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA Negeri 2 Ciamis (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Ah-mad Dahlan, Yogyakarta.

Baron, R. A., Byrne, D. (2004). Psikologi sosial (terjemahan Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga.

Desmita. (2006). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka cipta.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Indriyanti, N., & Ivada, E. (2013). Faktor-faktor yang memengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMKN 6 Surakarta Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (2).

Kartono, K. (2005). Teori kepribadian. BandungL Mandar Maju.

King, L. A. (2010). Psikologi umum: Sebuah pandangan apresiatif. Jakarta: Salemba Humani-ka.

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: Pitutur, 1 (1), 19-28.

Purba, J., Yulianto, A., Widyanti, E., Esa, D. F. P. U. I., & Esa, M. F. P. U. I. (2007). Pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Jurnal Psikologi, 5 (1), 77-87.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudargono, A., & Rifal, H. M., & Mulya. (2011). Analisis minat siswa kelas XII SMA melanjutkan studi ke Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo tahun 2010 (Studi penelitian SMA di Sukoharjo). Jurnal LPPM Univet Bantara Sukoharjo, 978.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id