Perbedaan Gaya Hidup Mahasiswa Ditinjau Dari Status Ekonomi dan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman

Dewi Nofita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan gaya hidup mahasiswa ditinjau dari status ekonomi dan jenis kelamin. Subjek dalam penilitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Mulwarman yang berjumlah 100 orang. Data dikumpulkan dengan metode angket dan dianalisis dengan menggunakan Anova dan Uji-t. Hasil analisis pertama diperoleh nilai F = 0.685 dengan p=0.507 (p > 0.05) yang artinya tidak terdapat perbedaan gaya hidup mahasiswa yang tidak bekerja ditinjau dari status ekonomi. Hasil analisis kedua diperoleh nilai F = 0.262 dengan p = 0.772 (p>0.05) yang artinya tidak terdapat perbedaan gaya hidup mahasiswa yang sudah bekerja ditinjau dari status ekonomi. Hasil analisis ketiga diperoleh nilai F = 0.209 dengan p = 0.812 (p > 0.05) yang artinya tidak terdapat perbedaan gaya hidup mahasiswa yang tidak bekerja maupun yang sudah bekerja. Hasil analisis keempat diperoleh nilai t = 0.233 dengan p=0.816 (p>0.05) yang artinya tidak terdapat perbedaan gaya hidup ditinjau dari jenis kelamin.

Full Text:

PDF

References


Adlin, A. (2006). Resistensi gaya hidup: teori dan realitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Alisa, A (2012). Mahasiswa dan gaya hidup. Di-akses 24 Januari 2013 dari http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/03/12/mahasiswa-dan-gaya-hidup-445786.html

Aprilia, D., & Hartoyo. (2014). Analisis sosiologis perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Sosiologi, 15 (1), 72-86.

Budiman, A. (2006). Kebebasan, negara, pembangunan. Jakarta: Pustaka Alvabet

Chaney, D. (2003). Lifestyles: sebuah pengantar komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Engel, J. F., Bllackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2001). Consumer behavior. Florida: The Dryden Press.

Harry, W. S. (2006). Masalah budaya. Diakses 7 Maret 2014 dari http://synaps.wordpress.com/2006/01/07/masalah-budaya/.

Jones, P. I. P. (2009). Pengantar teori-teori sosial. Jakarta: Yayasan Buku Ober.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2002). Dasar-dasar pemasaran (terjemahan Alexander Sindoro & Benyamin Molan) Jakarta: Prenhalindo.

Narwoko, J. D., & Suyanto, B. (2004). Sosiologi teks pengantar dan terapan. Jakarta: Prenada Media.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak (Jilid 1 Edisi 11). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sarwono, S. W. (2005). Psikologi sosial (Psikologi Kelompok dan Terapan). Jakarta: Balai Pustaka.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku konsumen: perspektif kontemporer pada motif, tujuan dan keinginan konsumen. Jakarta: Kencana.

Subandi, I. I. (2005). Kebudayaan pop dalam masyarakat komoditas Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.

Soekanto S. (2009). Sosiologi: suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sumarwan U. (2011). Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susanto, A. B. (2008). Membidik gaya hidup. Di-akses 5 Januari 2014 dari http://www.jakartaconsulting.com.

Suyanto, B. (2013). Sosiologi ekonomi: kapitalisme dan konsumsi di era masyarakat post modernisme. Jakarta: Kencana.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id