Peranan Dukungan Orang Tua Dengan Keputusan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii SMA Katolik W.R. Soepratman Samarinda

Markus Laden

Abstract


Penelitian ini berusaha untuk mengetahui masalah "Peran Dukungan Orangtua terhadap Keputusan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi di Sekolah Menengah Atas pada kelas 12 di Sekolah Menengah Katolik WR Soepratman Samarinda". Peneliti menggunakan metode kualitatif, berdasarkan pada rumusan masalah yang terjadi dalam penelitian ini harus meminta peneliti untuk melakukan kegiatan eksplorasi agar dapat memahami dan menjelaskan fenomena yang menjadi fokus masalah penelitian, yaitu peran dukungan orang tua dalam pengambilan keputusan untuk memilih suatu kuliah di jurusan Teknik pengumpulan data digunakan sejak wawancara. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Katolik W.R. Soepratman Samarinda pada tiga siswa sebagai subjek yang dipilih secara sengaja. Data dianalisis menggunakan data kualitatif deskriptif, yang menggambarkan fenomena penelitian deskriptif yang dimaksudkan yang terjadi lebih banyak situasi, terutama yang berkaitan dengan masalah penelitian. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data dengan alat analisis model interaktif alat Milles dan Hu-berman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan peran dukungan orang tua dengan keputusan untuk memilih perguruan tinggi dan untuk mengetahui bagaimana Anda dapat membantu mendukung siswa untuk membuat keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan untuk memilih jurusan di perguruan tinggi didasarkan pada pertimbangan seperti, keberanian, dan tanggung jawab. Tiga siswa menyatakan bahwa aspek pengambilan keputusan mereka telah berlalu, dan setelah melihat bentuk dukungan dari orang tua, ketiga siswa memutuskan untuk mengambil satu langkah dalam memilih jurusan di perguruan tinggi yang menjadi aspek pertimbangan.

Full Text:

PDF

References


Atmosudirjo, S. P. (1984). Beberapa pandangan umum tentang pengambilan keputusan (Cetakan Ke-7). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bertens, K. (2005). Metode belajar untuk mahasiswa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Cutrona, C. E., Cole, V., Colangelo, N., Assouline, S. G., & Russell, D. W. (1994). Perceived parental social support and academic achievement: An attachment theory perspective. Journal of personality and social psychology, 66 (2), 369.

Dewi, D. (2006). Pengambilan keputusan yang efektif. Jakarta: Penerbit Cipta Adi Perkasa.

Gottlieb, B. H. (1993). Social Support Strategies. India: Sage Publicatons.

Gunarsa, S. D. (1991). Psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Sarafino, E. P., & Smith, T, W. (2011). Health psychology: biopsychosocial interactions (7th edition). USA: John Wiley & Sons, Inc.

Supranto, J. M. A. (1998). Teknik pengambilan keputusan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukardi, I. S. (1993). Psikologi pemilihan karir. Surabaya: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id