Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia

Vivi Alvionita Moly

Abstract


Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang, termasuk dibidang teknologi dan komunikasi. Nokia menjadi salah satu merek handphone yang sudah dikenal di Indonesia. Bahkan menjadi brand handphone ternama. Seiring berjalannya waktu handphone Nokia mengalami penurunan jumlah pembelian oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone Nokia pada konsumen Toko Mars Cell Balikpapan.  Teknik penentuan sampel dengan menggunakan aksidental sampling. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa deskriptif dan metode analisis regresi berganda. Jenis penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuisioner dengan alat ukur yang digunakan adalah skala keputusan pembelian, skala citra merek dan skala kualitas produk. Data diolah secara statistik dengan program SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, yaitu dengan F = 550.295, R2 = 0.967, dan p = 0.000. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek dengan keputusan pembelian dengan beta = 0.286, t = 2.055, dan p = 0.044, sedangkan kualitas produk dengan keputusan pembelian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan beta = 0.336, t =2.412, dan p = 0.019.

Full Text:

PDF

References


Angipora, M. P. (2002). Dasar-dasar Pemasaran, (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Boyd, H. W., Walker, O. C., & Larrenche, J. C. (2000). Manajemen Pemasaran: Suatu Pen-dekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid 2. Edisi Kedua (terjemahan Imam Nurmawan). Jakarta: Erlangga.

Djatnika, T. (2007). Komunikasi pemasaran. Ban-dung: Remaja Rosdakarya

Durianto, D., Sugiarto., & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui. Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Hadi, S. (2000). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi

Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyal-itas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Jahanshahi, A. A., Gashti, M. A. H., Mirdamadi, S. A., Nawaser, K., & Khaksar, S. M. S. (2011). Study the effects of customer service and product quality on customer satisfaction and loyalty. International Journal of Humanities and Social Science, 1 (7), 253-260.

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran Jilid II. Edisi ke-11 (Benyamin Molan). Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1 Edisi ke-13 (terjemahan Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.

Kusasi, M. (2013). Pengaruh manajemen diri dan kematangan emosi terhadap pengambilan keputusan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2 (1), 16-27.

Li, X. G., Wang, X., & Cai, Y. J. (2011). Corporate, product, and user image dimensions and purchase intentions. Journal of Computers, (6) 9: 1875-1879.

Lupiyoadi, R. (2001). Pemasaran jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

McCarthy, E. J., & Perreault, W. D. (2008). Dasar-dasar pemasaran (terjemahan Agus D & Sumiharti Y). Jakarta: Erlangga.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran Jilid 2 Edisi ke-4 (terjemahan Damos Sihombing). Jakarta: Erlangga.

Saladin, D. (2002). Manajemen pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku konsumen (terjemahan Zoelkifli Kasip). Jakarta: PT Indeks.

Simamora, B., & Lim, J. (2002). Aura Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Hall.

Siswanto. (2004). Membangun citra perusahaan. Jakarta: PT Damar

Sumarwan, U. (2004). Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2013). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service

Sussanto, H., & Handayani, W. (2013). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone samsung galaxy series. UG Jour-nal, 7 (5).

Sutisna. (2003). Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran. Bandung: Remadja Rodakarya.

Sutojo, S. (2004). Membangun citra perusahaan. Jakarta: Damar Mulia.

Tjiptono, F. (2001). Strategi pemasaran (Edisi Kedua Cetakan Ke-6). Yogyakarta: Andy Offset.

Wahyuni, S. (2013). Analisis pengaruh persepsi kualitas produk, citra merek dan dukungan layanan purna jual terhadap keputusan konsumen dalam membeli skuter matik merek honda di kota Semarang. Jurnal Pengembangan Humaniora, 13 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id