Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Kepuasan Konsumen di Grup Blackberry Messenger Khanza Collection

Tri Anggrayani TS

Abstract


Dalam transaksi jual beli online dengan online perlu kepercayaan antara penjual dan pembeli. Kepercayaan pelanggan yang tinggi dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Semakin banyak kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan juga semakin meningkat. Pengambilan keputusan pembelian secara online dapat memengaruhi kepuasan pelanggan. Pengambilan keputusan yang tepat akan membuat pelanggan merasa puas. Kemudian, kepercayaan pelanggan yang tinggi dapat memengaruhi intensitas pengambilan keputusan pelanggan untuk membeli. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris variabel kepercayaan pelanggan, pembelian keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan. Subjek penelitian adalah anggota kelompok Khanza Collection Blackberry Messenger, sebanyak 60 orang. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah skala kepercayaan pelanggan, skala pembelian pengambilan keputusan, dan skala kepuasan pelanggan. Data dianalisis lebih lanjut dengan analisis intervensi. Hasil analisis pertama menunjukkan ada pengaruh kepercayaan pelanggan dengan kepuasan pelanggan, nilai yang diperoleh adalah koefisien terstandarisasi yaitu sebesar 0,226 dengan p <0,05 (p = 0,005). Hasil analisis kedua menunjukkan ada pengaruh pengambilan keputusan pembelian dengan kepuasan pelanggan, nilai yang diperoleh adalah koefisien terstandarisasi yaitu sebesar 0,731 dengan p <0,05 (p = 0,000). Hasil analisis ketiga menunjukkan ada pengaruh kepercayaan pelanggan dengan keputusan pembelian, nilai yang diperoleh adalah koefisien terstandarisasi yaitu sebesar 0,626 dengan p <0,05 (p = 0,000).

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Metode penelitian (Edisi cetakan XI). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barkatullah, A. H., & Prasetyo, T. (2006). Bisnis e-commerce (Cetakan ke-2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Benito, A. (2011). Pengaruh kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online di situs kaskus (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Dipenegoro, Semarang.

Ba, S., & Pavlou, P. A. (2002). Evidence of the effect of trust building technology in electronic markets: Price premiums and buyer behavior. MIS quarterly, 26 (3), 243-268.

Candra, A. P. (2013). Statistik mobile. Diakses 30 Mei 2014 dari http://www.candra.web.id/2013/07/14/statistik-mobile-os-2013/.

Doney, P. M., & Cannon, J. P. (1997). An examination of the nature of trust in buyer seller relationship. Journal of Marketing, 61 (2), 35-51.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku konsumen Edisi ke-6 Jilid 2 (terjemahan Budijanto). Jakarta: Binarupa Aksara.

Fazriyati, W. (2014). Tren belanja online di ponsel pintar. Diakses 28 Maret 2014 dari http://female.kompas.com/read/2013/07/23/1749022/Tren-Belanja-Online-di-Ponsel-Pintar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009) Manajemen pemasaran Edisi ke-13 Jilid 1 (terjemahan Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.

Kusasi, M. (2013). Pengaruh manajemen diri dan kematangan emosi terhadap pengambilan keputusan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2 (1), 16-27.

McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology. Information systems research, 13 (3), 334-359.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku konsumen (terjemahan Zoelkifli Kasip). Jakarta: PT Indeks.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen. Jakarta: Kencana.

Sirdeshmukh, D., Singh, J., & Sabol, B. (2002). Consumer trust, value, and loyalty in relational exchanges. Journal of marketing, 66 (1), 15-37.

Sumarwan, U. (2004). Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunarto. (2006). Perilaku konsumen. Yogyakarta: AMUS.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id