Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficacy) Dengan Problem Focused Coping Dalam Proses Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa FMipa Unmul

Sujono Sujono

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan problem focused coping pada siswa kelas 2008 dan fakultas matematika 2009 dan ilmu alam dalam proses penyusunan skripsi. Penanganan masalah yang berfokus pada masalah adalah penyelesaian atau penyelesaian masalah yang berorientasi pada bisnis individu dengan menangani sumber langsung masalah, dan mengubah situasi bermasalah dengan tindakan konstruktif dan mempelajari cara atau keterampilan baru. Efikasi diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuan atau kompetensi dalam melakukan pekerjaan atau tugas dalam situasi tertentu yang akan mendapatkan hasil yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 75 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu skala efikasi diri dan skala problem focused coping. Analisis data yang digunakan adalah analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi (r) sebesar 0,564 dan p = 0,00 yaitu <0,05 berarti bahwa hipotesis diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan problem focused coping pada mahasiswa dan fakultas matematika dan ilmu alam.

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2006). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bandura. A. (1997). Self Efficacy: the Exercise of Control. New York: W. H Freeman Company.

Baron, R. A., Byrne, D. (2004). Psikologi sosial (terjemahan Ratna Djuwita). Jakarta: Erlang-ga

Danim, S. (1997). Metode penelitian dan ilmu-ilmu perilaku. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmono, A., & Hasan, A. (2002). Menyelesaikan skripsi dalam satu semester. Jakarta: Grasin-do.

Folkman, S., & Lazarus, R. S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing Company.

Friedman, H. S., & Schustack, M. W. (2008). Kepribadian: teori klasik dan riset modern Jilid 1 (terjemahan Ikarini, Hany & Prima). Jakarta: Erlangga

Hardjana. (1994). Stres tanpa distres: seni mengolah stres.Yogyakarta. Penerbit Kanisius.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (terjemahan Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga.

Istono, M. 2000. Strategi menghadapi stress dan mengurangi akibat buruk stress. Bunga Rampai Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Jung, C. (1993). The relationship of worrying, coping and simptoms among college men and women. Journal of General Psychology, 120 (2), 139-148.

Kinansih, A. K. (2011). Skripsi kelar dalam 30 hari. Klaten: Galmas Publisher.

Kusasi, M. (2012). Pengaruh budaya organisasi, efikasi diri dan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja pegawai Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kaltim. Psikostudia: Jurnal Psikolo-gi, 1 (2), 102-117.

Salanova, M., Bakker, A. B. & Lorens, S. (2006). Flow at work: evidence for an upward spiral of personal and organizational resources, Journal of Happiness Studies, 7, 1-22.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja Edisi 6 (terjemahan Shinto B. Adelar & Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E. P., & Smith, T, W. (2011). Health psychology: biopsychosocial interactions (7th edition). USA: John Wiley & Sons, Inc.

Woolfolk, A. (2009). Educational psychology Edisi ke-10 Jilid 2 (terjemahan Helly P. Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id