Hubungan Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Cempaka RSUD AW Sjahranie Samarinda

Mirnawati Mirnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan faksi pasien perawat. Sampel adalah pasien rawat inap di rumah sakit cempaka Abdul Wahab Sjahranie Samarinda sebanyak 75 orang. File penelitian ini dikumpulkan oleh skala komunikasi interpersonal dan skala kepuasan Pasien dengan model skala Likert.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit cempaka Abdul Wahab Sjahranie Samarinda dengan r = 0,694 dan p = 0,000. Kemudian hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada hubungan antara aspek komunikasi antarpribadi dengan kepuasan pasien di rumah sakit cempaka Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan faksi pasien perawat. Sampel adalah pasien rawat inap di rumah sakit cempaka Abdul Wahab Sjahranie Samarinda sebanyak 75 orang. File penelitian ini dikumpulkan oleh skala komunikasi interpersonal dan skala kepuasan Pasien dengan model skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit cempaka Abdul Wahab Sjahranie Samarinda dengan r = 0,694 dan p = 0,000. Kemudian hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada hubungan antara aspek komunikasi antarpribadi dengan kepuasan pasien di rumah sakit cempaka Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.



Full Text:

PDF

References


DeVito, J. A. (1997). Interpersonal communication. New York: Longman Inc.

Effendy, O. U. (2008). Dinamika komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Guilford, J. P. (1956). The structure of intellect. Psychological bulletin, 53 (4), 267.

Haliman, A. (2012). Cerdas Memilih Rumah Sakit. Yogyakarta: Anda.

Imbalo S, P. (2007). Mutu Pelayanan Keperawatan. Jakarta: EGC.

Leonardi, M. A., Lumenta, C. B., Stölzle, A., & Müller Höcker, J. (1998). Unusual clinical presentation of a meningeal melanocytoma with seizures: case report and review of the literature. Acta neurochirurgica, 140 (6), 621-628.

Muhammad, A. (2002). Komunikasi Organisasi (Cetakan kelima). Jakarta: Bumi Aksara.

Mundakir. (2006). Komunikasi Keperawatan Aplikasi dalam Pelayanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rakhmat, J. (1985). Metode Penelitian Komunikasi, Cetakan kedua. Bandung: PT. Remadja Karya.

Sarwono, S. (2004). Sosiologi Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Syafruddin, D., Asih, P., Dewi, R. M., Coutrier, F., Rozy, I. E., Susanti, A. I., & Rogers, W. O. (2009). Seasonal prevalence of malaria in West Sumba district, Indonesia. Malaria journal, 8 (1), 8.

Tjiptono, F. (2008). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi offset.

Vaughans, B. (2011). Keperawatan Dasar. Yogyakarta: Rapha publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i4.3522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id