Peranan Daya Tarik Fisik Terhadap Perasaan Cinta Pada Lelaki yang Memiliki Wanita Dengan Tunanetra

Azhar Azhar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran daya tarik fisik terhadap perasaan cinta pada pria yang memiliki istri buta. Daya tarik fisik adalah kombinasi karakteristik yang dievaluasi sebagai cantik atau tampan di bagian tubuh yang paling ekstrem dan tidak menarik bagian yang lain. Perasaan cinta adalah perasaan kasih sayang yang kuat terhadap seseorang yang dicintai dan bersedia melakukan apa pun demi orang yang dicintai. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang, yaitu laki-laki yang memiliki istri buta di bawah 40 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan bola salju. Data diambil dengan teknik wawancara mendalam menggunakan variabel indikator daya tarik fisik dan perasaan cinta. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah daya tarik fisik memiliki peran penting bagi pria untuk mencintai pasangannya meski dalam kondisi buta. Maka perasaan cinta itulah yang mendasari mereka untuk saling menjaga dan menjaga hubungan rumah tangga mereka dengan berbagai cara, seperti menjaga komunikasi, meminimalkan masalah dalam rumah tangga, memelihara saling pengertian dan saling percaya di antara mereka, dan saling menerima satu sama lain kondisi serta membangun komitmen bersama

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, R.A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Edisi kesepuluh (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Dariyo, B. (2008). Psikologi perkembangan dewasa muda. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Diana, K. L. A. (1995). Love and commitment in close relationship (Doctoral dissertation). Texas Tech University.

Dion, K. L., & Dion, K. K. (1973). Correlates of romantic love. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 41 (1), 51.

Drever, J. (1986). Kamus Psikologi (terjemaha Nancy Simanjuntak). Jakarta: Bina Aksara.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Reasearch & Evoluation methods (3nded) USA: Sage Pub-lications

Poerwandari, E. K. (2007). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi 6 (terjemahan Shinto B. Adelar & Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1994). Psikologi sosial jilid 2 (terjemahan Michael Adriyanto). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Stenberg, D. (1998). A firmament in the midst of the waters: Dimensions of love in The English Patient. Literature/Film Quarterly, 26 (4), 255.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i4.3521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id